Kiai Jombang Kembali Tolak Serahkan Anaknya, Janji Akan Antar ke Polda

Regional

Kiai Jombang Kembali Tolak Serahkan Anaknya, Janji Akan Antar ke Polda

Tim detikJatim - detikJateng
Kamis, 07 Jul 2022 15:17 WIB
Kapolres Jombang bernegosiasi dengan Kiai Muhammad Mukhtar
Kapolres Jombang bernegosiasi dengan Kiai Muhammad Mukhtar. (Foto: Tangkapan layar)
Solo -

Upaya penangkapan DPO pencabulan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42) belum membuahkan hasil. Meskipun sebenarnya keberadaan tersangka sudah diketahui oleh kepolisian.

Ayah tersangka yang tidak lain adalah Pengasuh Ponpes Shiddiqiyyah KH Muhammad Mukhtar Mukthi menolak menyerahkan putranya ke polisi. Alasannya, saat ini Mas Bechi masih mengikuti kegiatan pelantikan. Mukhtar berjanji kepada polisi akan menyerahkan putranya.

Mengutip detikJatim, penolakan Kiai Mukhtar menyerahkan sang putra seperti yang terekam dalam video yang diterima detikJatim. Lokasi pengambilan video yakni di kediaman Kiai Mukhtar di dalam Ponpes Shiddiqiyyah.


"Jangan. Nanti kita antar ke sana," kata Kiai Mukhtar dalam video, Kamis (7/7/2022).

Mendengar jawaban tersebut, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat menegaskan kembali kepada sang kiai dengan bertanya apakah benar akan mengantarnya ke Polda dan kapan akan diantar. "Antar ke Polda ya, Mbah Yai? Kapan, Mbah Yai?" tanya Nurhidayat.

Kiai Mukhtar menyebut akan mengantar sendiri putranya usai acara pelantikan. Sementara saat ini, Bechi masih akan mengikuti acara pelantikan di internal pondok pesantren.

"Ya selesai acara ini, pelantikan ini," jawab Kiai Mukhtar.

Nurhidayat kembali menanyakan hal ini ke polisi. "Berarti hari ini diantar ke Polda, Mbah Yai? Mas Bechi?" tanya Nurhidayat kembali.

"Iya nanti. Sampaikan ke Bapak Kapolda," janji Kiai Mukhtar. "Hari ini masih ada acara," imbuhnya.

Nurhidayat kembali memastikan jika Bechi akan diantar langsung sore ini. "Sonten nggih (sore ya), Yai?" tanya Nurhidayat.

"Setelah hari ini, hari apa ini?" imbuh Kiai Mukhtar.

"Niki hari Kamis, Mbah Yai," jawab Nurhidayat.

Kesepakatan pun terjadi antara keduanya. Kiai Mukhtar berjanji akan mengantar sendiri anaknya ke Polda Jatim. Nurhidayat menyebut akan melaporkan hal ini ke Kapolda Jatim.

"Alhamdulillah, matursuwun Mbah Yai akan saya sampaikan ke pimpinan. Mangke lare-lare diimbau adik-adik mboten usah histeris. Kula akan lapor pimpinan dan personel akan segera meninggalkan tempat. Nanti kami akan lapor pimpinan, matursuwun Mbah Yai, nyuwun sewu meninggalkan tempat, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," pungkasnya.

Pantauan wartawan di lokasi, hari ini tampak ratusan aparat masih menjaga ketat akses keluar masuk pesantren. Sedangkan, personel lainnya yang jumlahnya lebih banyak berada di dalam pondok. Aktivitas massa di dalam pondok juga sudah mulai bisa dikondisikan.



Simak Video "Jerit Santriwati Korban Pencabulan Mas Bechi Anak Kiai Jombang"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/sip)