Tersangka Korupsi Retribusi Taman Kartini, Oknum ASN Pemkab Rembang Ditahan

Mukhammad Fadlil - detikJateng
Selasa, 28 Jun 2022 17:38 WIB
Pelaku kejahatan jalanan diborgol polisi / pelaku street crime. Agung Pambudhy/Detikcom.
Ilustrasi tersangka (Foto: Agung Pambudhy)
Rembang -

Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang berinisial MR yang menjadi tersangka kasus korupsi penggelapan dana Retribusi Taman Rekreasi Pantai Kartini akhirnya ditahan. Penahanan dilakukan oleh kepolisian.

"Hari ini tersangka ditahan di Mapolres Rembang. Tersangkanya kita panggil. Kooperatif, hadir bersama dengan pengacara, jam 10.00 WIB," kata Kanit Idik III Satuan Reserse Kriminal Polres Rembang, Ipda Widodo Eko Prasetyo saat dihubungi detikJateng, Selasa (28/6/2022).

Dijelaskannya, tersangka sempat diperiksa terlebih dahulu. Baru kemudian sekitar pukul 14.00 WIB, tersangka dimasukkan ke dalam sel bersama dengan tahanan yang lain.


"Ada pemeriksaan sebentar. Sekitar jam 14.00 WIB, baru kita masukkan ke sel bersama tahanan-tahanan yang lain," ujarnya.

Widodo menerangkan, oknum ASN tersangka kasus korupsi penggelapan dana Retribusi Taman Kartini itu dijerat dengan Pasal 2, subsider Pasal 3, Juncto Pasal 8, Undang-undang (UU) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

"Pasal yang dipakai Primair Pasal 2, Subsider Pasal 3 Juncto Pasal 8 UU Tipikor," katanya.

Diberitakan sebelumnya, oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menjadi tersangka atas kasus korupsi penggelapan dana PAD (Pendapatan Asli Daerah). Tersangka merupakan bendahara penerimaan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang.

Tersangka diduga sudah menggelapkan uang negara senilai Rp 113.212.500 selama 10 bulan atau sejak periode 9 Juni 2019 sampai dengan 30 April 2021. Polisi pun menyita uang hasil korupsi tersebut. Kasus ini masih dalam pendalaman polisi.



Simak Video "Momen Presiden Peru Diperiksa Terkait Kasus Korupsi!"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/rih)