Iko Uwais Dipolisikan Terkait Kasus Pengeroyokan, Ternyata Ini Pemicunya

Tim detikcom - detikJateng
Senin, 13 Jun 2022 16:57 WIB
Iko Uwais
Iko Uwais Foto: (Leon Bennet/Gettyimages)
Solo -

Aktor laga Iko Uwais dilaporkan ke polisi terkait dugaan pengeroyokan kepada seorang pria yang diketahui bernama Rudi ke Polres Metro Bekasi Kota.

Seperti dikutip dari detikNews, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, mengatakan dugaan pemukulan terjadi Sabtu (11/6) pukul 20.00 WIB.

"Jadi memang betul ada laporan atas nama pelapor bernama Rudi, yang melaporkan Saudara Iko Uwais dan Firmansyah," ujar Endra kepada detikcom, Senin (13/6/2022).


Selain Iko Uwais, Rudi juga melaporkan pria bernama Firmansyah yang diduga turut serta dalam pengeroyokan tersebut.

Laporan Rudi diterima dengan nomor LP/B/1.737/VI/2022/SPKT/Satreskrim/Polres Metro Bekasi Kota. Dalam laporan tersebut, Rudi melaporkan Iko Uwais dan Firmansyah dengan tuduhan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan.

Atas kejadian itu korban mengalami luka memar di bagian wajah, tangan kanan dan punggung. R lalu lapor ke Polres Metro Bekasi pada tanggal 11 Juni 2022.


Dipicu Tagihan Jasa Interior

Rudi diketahui memiliki kaitan dalam hubungan kerja sama dengan Iko Uwais. Di mana aktor laga tersebut menggunakan jasa korban untuk membuat desain interior rumahnya di Cibubur.

Sesuai kesepakatan pengerjaan interior itu dibayarkan dengan sejumlah nominal tertentu. Menurut Endra, Iko Uwais baru membayar setengahnya.

"Setelah itu, ini ditagih oleh korban. Korbannya artinya orang yang bekerja di desain interior rumahnya itu," katanya.

Endra mengatakan, korban mengirim invoice penagihan melalui WhatsApp. Akan tetapi, Iko Uwais tidak merespons korban.

"Ditagih dengan mengirimkan invoice melalui WA. Namun tidak direspons oleh Iko Uwais," ujar Endra.

Pengeroyokan Korban

Pada Sabtu (11/6), korban bersama istrinya pulang dan melintas di depan rumah Iko Uwais. Melihat korban, Iko Uwais kemudian memanggilnya.

"Kemudian Saudara Iko Uwais memanggil korban dengan cara menepuk tangan dan berteriak, setelah itu korban bersama dengan istrinya turun dari mobil," jelasnya.

Setelah itu, Iko Uwais bersama Firmansyah dan Audy, istri Iko Uwais, menghampiri korban dan istri korban.

"Setelah itu terjadi cekcok, setelah cekcok lalu Saudara Iko Uwais dan Firmansyah langsung memukul korban hingga korban mengalami luka-luka," jelasnya.

Atas kejadian itu korban R mengalami luka memar di bagian wajah, tangan kanan dan punggung.

Polisi Panggil Iko Uwais

Polisi akan memanggil Iko Uwais untuk meminta klarifikasi terkait laporan tersebut.

"Kita mintai klarifikasi," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Ivan Adhitya.

Hanya saja, Ivan belum menjelaskan jadwal pemanggilan klarifikasi terhadap Iko Uwais. Menurutnya, pemeriksaan terhadap Iko Uwais dijadwalkan setelah polisi memeriksa saksi-saksi.

"Nanti, kita panggil saksi-saksi dulu semuanya. Yang jelas peristiwa itu ada, laporan kita terima hari Minggu, diduga Iko Uwais yang sebagai pelaku, semua saksi-saksi yang ada saat itu akan mintai klarifikasi," jelas Ivan.



Simak Video "Perkembangan Penyelidikan Kasus Pengeroyokan Iko Uwais"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/mbr)