Gadaikan Motor Pacar, Pria Beristri di Semarang Ditangkap

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Rabu, 18 Mei 2022 21:00 WIB
Rizky Apri Wibowo (28), pelaku penggelapan yang gadaikan motor pacarnya di Semarang, Rabu (18/5/2022).
Rizky Apri Wibowo (28), pelaku penggelapan yang gadaikan motor pacarnya di Semarang, Rabu (18/5/2022). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng
Semarang -

Polrestabes Semarang menangkap seorang pria bernama Rizky Apri Wibowo (28) karena menggadaikan motor milik pacarnya. Pelaku yang sudah beristri itu mengaku lajang saat berkenalan dengan korbannya.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Donny Sardo Lumbantoruan mengatakan Rizky menggadaikan 2 motor milik korban yang berinisial DP. Awalnya mereka berkenalan lewat media sosial dan kemudian pacaran.

"Kasusnya penggelapan dan dilaporkan ke polisi 26 April 2022. Kerugiannya dua motor Supra warna hitam, " kata Donny di Mapolrestabes Semarang, Rabu (18/5/2022).


Modus yang dilakukan pelaku adalah memacari korban dengan mengaku masih lajang dan berjanji akan menikahi. Kemudian pelaku meminjam motor dengan dalih dipakai kerja.

Namun, ternyata motor itu justru digadaikan. Korban yang merasa dirugikan akhirnya memilih melapor ke polisi.

"Bermula pacaran 3 bulan dan pinjam motor 2 unit, bilangnya akan kembalikan sebulan. Ternyata oleh tersangka motor digadaikan," jelasnya.

Sementara itu Rizky mengaku mengenal korban pada bulan Januari lalu lewat media sosial. Korban tidak tahu pelaku sudah beristri. Mereka pun menjalin kasih hingga korban percaya pada pelaku.

"Kita kenalan lewat FB bulan Januari. Terus jalin hubungan. Sudah intim. Setelah itu kita kurang lebih 3 bulan jalan saya pinjam 2 motor," kata Rizky.

"Saya sudah beristri. Dia (korban) tidak tahu," imbuhnya.

Rizky berhasil menggadaikan dua motor korban senilai Rp 2 juta dan Rp 2,5 juta. Saat ditanya digunakan untuk apa uang tersebut, Rizky hanya menjawab normatif.

"Untuk biaya sehari-hari," ujarnya.

Akibat perbuatannya, Rizky dijerat dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan. Ia terancam hukuman penjara selama 4 tahun.



Simak Video "Polisi Ringkus 14 Pelaku Curanmor di Cianjur, 4 di Antaranya Residivis"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)