Pembacok Pemuda di Jepara Ditangkap, 1 Orang Masih Buron

Dian Utoro Aji - detikJateng
Minggu, 15 Mei 2022 19:25 WIB
Ilustrasi Penjara
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jepara -

Seorang pelaku pembacokan warga Desa Ujung Watu Jepara, berinisial AH (22) ditangkap polisi. Satu pelaku lainnya kini masih buron.

"Proses penyidikan dilakukan oleh penyidik Polsek Donorojo dan terhadap tersangka sudah dilakukan penahanan, sedangkan pelaku lainnya masih buron," ujar Kasat Reskrim Polres Jepara, AKP M. Fachrur Rozi dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (15/5/2022).

Dia mengatakan korban pembacokan berinisial KA (28) warga Desa Ujung Watu. Pelaku yang ditangkap AH (22) diketahui merupakan warga Dukuhseti, Pati, sedangkan R (25) yang menyerang korban dengan pedang hingga kini masih diburu.

Rozi menjelaskan motif pembacokan tersebut masih didalami polisi. Akibat pembacokan ini korban mengalami sejumlah luka di tangan kiri dan kanannya.

"Untuk motif dari tersangka yang sudah tertangkap yaitu membantu temannya yang kalah berkelahi, sedangkan tersangka yang lain kami belum tahu apa motif menyerang korban karena belum tertangkap," ujar dia.

Korban sempat dirawat di rumah sakit untuk perawatan. Atas perbuatannya tersangka terancam kurungan 7 tahun penjara.

"Terhadap tersangka dikenakan pasal 170 KHUPidana atau 351 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara," sambung Rozi.

Rozi menjelaskan peristiwa ini terjadi pada Jumat (13/5) sekitar pukul 21.00 WIB. Kala itu korban sedang duduk di depan rumahnya di Desa Ujung Watu, Kecamatan Donorejo dan tiba-tiba didatangi tersangka R yang masih buron.

Kala itu R langsung menyerang korban yang sedang duduk santai dengan pedang. Namun hal itu bisa ditangkis korban dan senjata tersebut direbut korban.

"Korban berkelahi dengan tersangka R. Kemudian melihat kejadian itu AH yang sedang menunggu di atas sepeda motor membantu tersangka R. Namun para tersangka kalah dan korban berhasil merebut pedang itu," jelas dia.

Rozi menjelaskan tersangka AH kemudian membantu R yang kalah berkelahi. Namun keduanya kalah dan melarikan diri.

"Korban mengejar para tersangka untuk menyerang balik, namun para tersangka melarikan diri dengan cara berlari sehingga sepeda motor ditinggalkan dan diserahkan polisi," ujar dia.

Rozi menerangkan, warga mengetahui AH sedang di Desa Ujung Watu pada Sabtu (14/5). Alhasil warga pun menangkap tersangka dan menyerahkan kepada polisi.

"Warga mengenalkan salah satu tersangka AH dan ditangkap oleh warga pada Sabtu (15/5) pukul 06.00 WIB. AH pun diserahkan ke polisi untuk proses lebih lanjut," pungkas Rozi.



Simak Video "Bacok Korban Hingga Tewas, Dua Pemuda Jepara Kabur ke Bekasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/ams)