Bupati Bantul Kaget Pria Bucin Jual Perabot Berulah Lagi: Kok Kumat!

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Senin, 14 Feb 2022 13:37 WIB
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Senin (14/2/2022).
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Senin (14/2/2022). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Bantul -

Pemuda asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berinisial DRS (24) yang sempat bikin geger karena nekat menjual perabotan rumah milik ibunya demi kekasih alias bucin berulah lagi. DRS kini bahkan menjual kompor gas bantuan Bupati Bantul Abdul Halim yang sempat mendamaikannya dengan sang ibu, Paliyem (53).

"Ya saya kaget gitu, lha ini gimana ini sudah kita carikan bantuan, sudah kita upayakan pembebasannya, setelah bebas kok kumat lagi. Kan repot ini, jadi ekspektasi saya tidak terjadi, harapan saya dia sembuh tidak kumat lagi, tapi kok malah kumat lagi," ujar Halim di sela-sela acara peringatan Hari Pers Nasional, Bambanglipuro, Bantul, Senin (14/2/2022).

Oleh sebab itu, Halim menyerahkan semuanya kepada Paliyem apakah akan kembali melaporkan anaknya ke polisi atau tidak.

"Ya, ini memang satu problem ya, kita juga tidak mungkin mengawasi Dwi 24 jam, karena itu kita tetap mengedepankan langkah persuasif supaya mas Dwi menghentikan kelakuannya seperti itu karena hanya akan membuat ibunya menderita. Mosok anak membuat penderitaan orang tuanya terus menerus kan dosa itu namanya," lanjut Halim.

Terlepas dari hal tersebut, Halim meminta agar DRS bekerja dan jangan menjual perabotan rumah milik ibunya. Selain itu, Halim menyebut agar DRS tidak hanya mementingkan gaya hidup namun apa yang benar-benar menjadi kebutuhan hidup.

"Dia (DRS) itu kan masih muda, masih roso (kuat) sebelumnya juga driver ojol yang penghasilannya lumayan. Ya kalau mengikuti gaya hidup itu sampai kapan pun, sampai berapa pun pendapatan kita tidak akan cukup," ucapnya.

"Jadi jangan bersembunyi di balik kebutuhan untuk memenuhi gaya hidup. Wong sebenarnya kalau kebutuhan untuk hidup jadi driver ojol cukup kok. Tapi kalau gaya mentraktir yange (pacarnya) di restoran besar, gaya hidup mewah ya tidak akan cukup," imbuh Halim.

Halim mengakui dirinyalah yang mendamaikan DRS dengan sang ibu sehingga Paliyem mencabut laporannya di polisi. Dia bahkan memberi sejumlah barang kepada Paliyem dan DRS.

"Jadi tempo hari itu memang saya lah yang meminta Bu Paliyem untuk mencabut tuntutan kepada anaknya. Saat itu saya juga menggalang dukungan, donasi dengan beberapa kolega saya, kita ganti barang-barang yang dijual anaknya seperti kompor, kasur, pintu itu sudah kita ganti," kata Halim.



Simak Video "Diteriaki Maling, Mobil Mercy di Bantul Jadi Sasaran Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/ams)