Segel Tempat Karaoke Ilegal, Satpol PP Klaten: Sering Untuk Mesum!

Achmad Syauqi - detikJateng
Jumat, 28 Jan 2022 14:04 WIB
Tim gabungan Satpol-PP dan muspika menutup karaoke di Desa Wanglu, Kecamatan Trucuk.
Tim gabungan Satpol-PP dan muspika menutup karaoke di Desa Wanglu, Kecamatan Trucuk. Foto: Dok. Satpol PP Klaten
Klaten -

Sebuah tempat karaoke di Desa Wanglu, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, disegel Satpol PP Klaten bersama Muspika. Selain tidak berizin, Satpol PP menduga tempat karaoke itu sering digunakan untuk berbuat mesum.

"Tidak ada ijin lingkungannya atau ilegal. Diduga juga sering untuk tindakan mesum, maka ditutup," terang Plt Kabid Penegakan Perda Satpol PP Klaten, Sulamto kepada detikJateng, Jumat (28/1/2022) siang di kantornya.

Dijelaskan Sulamto, penutupan pada Rabu (26/1) siang itu dilakukan setelah ada laporan warga yang mengeluhkan soal keberadaan karaoke K itu. Setelah dikaji, Satpol PP memberikan teguran ke pengelolanya sampai dua kali.

"Kita sempat tegur dua kali tapi tidak diindahkan. Kita koordinasikan dengan Muspika, hasilnya diputuskan ditutup, ya kita tutup," ucap Sulamto.

Menurut Sulamto, tempat karaoke itu lokasinya memang jauh dari permukiman warga. Maka itu, Sulamto berujar, pemiliknya mengira sudah bebas alias tidak perlu mengantongi izin lagi

"Lokasinya agak jauh dari penduduk sehingga dikiranya warga tidak peduli. Sudah kita tutup dan tidak beroperasi," lanjut Sulamto.

Penutupan itu, tegas Sulamto berdasarkan Perda Kab. Klaten Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan. Selain itu juga mengacu pada Perda K3.

"Dasar kita ada Perda kepariwisataan. Selain itu ada Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan," pungkas Sulamto.

Kasatpol PP Pemkab Klaten, Joko Hendrawan mengatakan karaoke itu tidak berijin alias ilegal. '"Betul itu ilegal dan mengganggu lingkungan sekitar. Kita tutup," ungkap Joko kepada detikJateng.

Terpisah, Kapolsek Trucuk AKP Sarwoko menjelaskan setelah penutupan, patroli masih dilakukan di lokasi. Sementara ini terpantau sudah tidak ada aktivitas di tempat karaoke itu.

"Sudah tidak beroperasi. Hari ini kita patroli sepi, peralatan sudah diangkut karena pemiliknya pendatang," jelas Sarwoko kepada detikJateng saat dihubungi ponselnya.



Simak Video "Aksi Puluhan LC Hadang Pol PP Tutup Jojoo Kafe dan Karaoke di Pasar Legi"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aku)