Lagi, Pencurian Kotak Infak Masjid di Klaten Terekam CCTV

Achmad Syauqi - detikJateng
Rabu, 26 Jan 2022 12:59 WIB
Salah satu warga menunjukkan tempat kotak infak masjid yang digasak pencuri.
Salah satu warga menunjukkan tempat kotak infak masjid yang digasak pencuri. Foto: Achmad Syauqi/ detikJateng
Klaten -

Aksi pencurian uang infak masjid di Kabupaten Klaten kembali terjadi. Kali ini pencurinya tak sekadar mencongkel atau membongkar, tapi nekat menggondol kotak infak beserta seluruh isinya.

Peristiwa itu terjadi di masjid Al Fath, Desa Mandong, Kecamatan Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Aksi pencurian itu juga terekam kamera CCTV dan viral di media sosial.

"Ketahuan dicuri itu Selasa (25/1) malam kemarin sehabis salat Maghrib. Jemaah curiga karena kotak infak di teras tidak ada," tutur salah satu jemaah, Abul Basyar kepada detikJateng, Rabu (26/1/2022) pagi.

Curiga dengan hilangnya kotak infak, jelas Abul, akhirnya diputuskan membuka data CCTV. Ternyata dalam rekaman terlihat bahwa kotak itu diambil pada Selasa (25/1) dini hari.

"Jadi kejadian itu hari Selasa (25/1) dini hari, sebelum subuh, sekitar jam 03.40 WIB setelah dibuka CCTV. Saya buka CCTV-nya terlihat dua orang pelaku," ucap Abul.

Dalam rekaman CCTV itu, terang Abul, terlihat 2 remaja mengenakan masker. Pelaku mengendarai sepeda motor yang diparkir di depan tangga.

"Parkir di selatan dekat tangga. Wajahnya tidak terlihat jelas cuma motornya saja," lanjut Abul yang rumahnya di timur masjid.

Salah seorang pelaku, ungkap Abul, masuk ke teras dan membawa pergi kotak infak. Untungnya isi kotak infak itu tidak terlalu banyak karena sebelumnya sudah diambil.

"Kotak infak kayu yang diambil. Untungnya pada hari Minggu kotak sudah dibuka dan diambil isinya, isinya paling tinggal Rp 50.000," imbuh Abul.

Karena jumlah uangnya tidak banyak, sebut Abul, takmir tidak melaporkan ke polisi. Kejadian itu baru kali pertama setelah dipasang CCTV.

"Dulu pernah tapi setelah dipasang CCTV ya baru sekali ini. Tidak dilaporkan karena jumlah uang tidak banyak," tambah Abul.

Kejadian itu juga viral setelah diunggah akun Supri Xxxxx di grup ISK- info seputar Klaten, Selasa (25/1) malam. "Ijin share min..Monggo sik rumongso jupuk kotak infaq Masjid Al-Fath Mandong Masjid Al-Fath Mandong Masjid Al-Fath Mandong mang balek ne lur.. tak wek i duit jajan, eman eman kotak e soal e isine wes tak jupuk gari recehan (Silakan yang merasa mengambil kotak infak, tolong kembalikan saja. Aku kasih uang jajan. Sayang sama kotaknya. Soalnya isinya tinggal uang receh)," tulis Supri.

Dalam rekaman sekitar 15 detik itu, pelaku berjaket dan celana gelap mendekati kotak infak di atas bangku. Kotak langsung dibawa pergi.

Kapolsek Trucuk AKP Sarwoko mengatakan kasus itu masih dalam penyelidikan Polsek meski tidak dilaporkan.

"Tadi malam sudah didatangi takmir masjidnya oleh anggota dan tidak mau melaporkan secara resmi. Jumlah uang berapa juga tidak diketahui pasti," terang Sarwoko kepada detikJateng di kantornya.



Simak Video "Terlalu! Maling Gasak Motor di Minimarket, Pelaku Juga Kunci Pemiliknya"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/dil)