Mengintip Kemeriahan Puncak Festival Lima Gunung di Lereng Andong Magelang

Mengintip Kemeriahan Puncak Festival Lima Gunung di Lereng Andong Magelang

Eko Susanto - detikJateng
Jumat, 30 Sep 2022 22:00 WIB
Festival Lima Gunung (FLG) XXI di Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jumat (30/9/2022).
Festival Lima Gunung (FLG) XXI di Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jumat (30/9/2022). (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Kab Magelang -

Acara puncak Festival Lima Gunung (FLG) XXI digelar di Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Festival yang menampilkan kesenian seniman lima gunung ini disambut antusias warga.

Pantauan detikJateng di lokasi, panggung utama FLG ini dihias dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam. Di antaranya klobot (daun pembungkus tongkol jagung), daun kelapa, kemudian ada tanaman cabai.

FLG XXI ini dimulai, Jumat (30/9) dan berakhir Minggu (2/10). Adapun pengisi dalam festival lima gunung kali ini sebanyak 69 kelompok dengan ribuan orang yang terlibat. Lokasi FLG XXI ini berada di lereng Gunung Andong.

Jika selama dua tahun saat pandemi, FLG tetap dilangsungkan dengan pembatasan. FLG yang mengambil tema Wahyu Rumagang ini dilangsungkan secara meriah dengan ditonton banyak orang.


"Penyelenggaraan Festival Lima Gunung XXI ini, walaupun agak gugup, gagap, meraba-raba, dibuka tanggal 8 Agustus 2022 di Studio Mendut, maka puncaknya di Dusun Mantran Wetan ini. Kami menunggu sekitar sebulan karena menunggu anjuran dari pemerintah (terkait pandemi). Alhamdulillah saat ini pandemi COVID-19 walaupun masih ada, tapi ada kelonggaran-kelonggaran dari pemerintah untuk penyelenggaraan yang bersifat keramaian maka FLG bisa berjalan," kata Ketua Komunitas Lima Gunung, Supadi Haryanto saat ditemui di lokasi FLG XXI, Jumat (30/9/2022).

Supadi mengatakan warga sangat antusias sekali menyambut penyelenggaraan FLG ini. Hal ini dibuktikan dengan warga yang menyediakan tempat transit bagi para pengisi acara.

"Untuk antusias warga Mantran Wetan dalam FLG ini, pertama penyediaan instalasi properti, panggung, sound system dan sebagainya. Penyediaan transit sekitar 45 rumah untuk transit inap maupun transit pengisi acara. Panitia sini hanya menyediakan konsumsi sekali setelah pentas," tuturnya.

Festival Lima Gunung (FLG) XXI di Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jumat (30/9/2022).Festival Lima Gunung (FLG) XXI di Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jumat (30/9/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Selengkapnya di halaman selanjutnya...