Iriana dan Puan Akan Ikut Pawai Kebaya di Solo Akhir Pekan Nanti

Iriana dan Puan Akan Ikut Pawai Kebaya di Solo Akhir Pekan Nanti

Agil Trisetiawan Putra - detikJateng
Rabu, 28 Sep 2022 19:31 WIB
Puan mengunggah foto bersama Iriana Jokowi di akun Instagramnya
Puan mengunggah foto bersama Iriana Jokowi di akun Instagramnya. Foto: Instagram Puan Maharani.
Solo -

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua DPR RI Puan Maharani dijadwalkan mengikuti Pawai Kebaya yang akan digelar di Solo, Minggu (2/10) mendatang. Iriana tidak datang sendirian melainkan ada Ketua DPR RI Puan Maharani, anggota OASE KIM serta istri Gubernur se-Indonesia.

Ketua Panitia Berkebaya Bersama Ibu Negara, Raden Ayu (RAy) Febri Hapsari Dipokusumo mengungkapkan Iriana akan menggandeng Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan istri Gubernur di Indonesia. Sejumlah elemen masyarakat lain juga akan dilibatkan dalam acara itu.

"Hingga saat ini, sudah ada 2.500 peserta. Jadi link pendaftaran sudah kami tutup, karena kuota penuh," katanya saat konferensi pers di Hotel Sunan Solo, Rabu (28/9/2022).


Acara pawai akan dimulai dari rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. Iriana dijadwalkan hadir sekira pukul 15.00 WIB dan akan disambut 35 wanita mandiri, yang terdiri dari bakul jamu, sinden, abdi dalem keraton, dan buruh gendong. Selain Iriana, Ketua DPR RI Puan Maharani juga dijadwalkan mengikuti Pawai Kebaya.

Wanita mandiri ini merupakan pekerja yang ada di Kota Solo yang konsisten menggunakan kebaya saat berkerja sehari-hari.

Konferensi pers Pawai Kebaya.Konferensi pers Pawai Kebaya. Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

Iriana Jokowi dan Puan Maharani akan mengikuti pawai sejauh 750 meter dari Loji Gandrung hingga ke Dalem Wuryaningratan.

"Sepanjang perjalanan akan ada musik tradisional yang mengiringi. Nanti rombongan akan berjalan sambil menari, dipandu oleh instruktur tari dari Duta Wisata dan SMKI Solo," ucapnya.

Acara ini sendiri digelar untuk menggaungkan Kebaya Goes to Internasional, sehingga diakui sebagai warisan budaya takbenda Unesco. Ada tiga jenis kebaya yang diajukan, yakni Kebaya Kutubaru,Kebaya Kerancang, dan Kebaya Kartini.

"Ibu Iriana akan menandatangani dukungan kebaya goes to internasional. Setelah itu, Ibu akan melihat rombongan yang ikut parade hingga selesai," pungkasnya.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/sip)