Asal-usul Nama-nama Hari, Bulan dan Tahun dalam Kalender Jawa

Asal-usul Nama-nama Hari, Bulan dan Tahun dalam Kalender Jawa

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 02 Sep 2022 02:07 WIB
Wraspati Kliwon Menail atau Kamis 1 September 2022. Hari ini bertepatan dengan Kajeng Kliwon. Jaga dan kendalikan diri dengan menyucikan Tri Pramana.
Ilustrasi. Foto: Istimewa
Solo -

Menurut pakar penanggalan Jawa dari Museum Ronggowarsito Solo, Ki Totok Yasmiran, hari Kamis tanggal 1 September 2022 dalam kalender Jawa bertepatan dengan tanggal 4 bulan Sapar tahun 1956 Ehe, Windu Sancaya, dan pakuwon Manakil.

Apa itu Tahun Ehe, Windu Sancaya, dan Pakuwon Manakil, berikut asal-usul atau sejarah nama-nama hari, bulan dan tahun dalam Kalender Jawa, Dikutip dari jurnal Analisis Kesesuaian Kalender Jawa Islam dengan Kalender Hijriyah (Al-Afaq Vol 4 No 1 Tahun 2022).

Masa Sultan Agung, Raja Mataram Islam

Dalam jurnal karya Muhammad Sholehuddin dan Siti Tatmainul Qulub, dua peneliti dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, itu disebutkan bahwa pada masa Sultan Agung memimpin Kerajaan Mataram Islam (tahun 1613-1645), hampir semua perikehidupan masyarakat Jawa, khususnya tata laku budaya, berpatok pada sistem penanggalan.


Pada tahun 1633 Masehi, Sultan Agung berusaha menanamkan ajaran Islam di Pulau Jawa. Salah satu caranya dengan membuat ketetapan untuk mengganti penanggalan Saka. Kalender Saka yang berbasis pada perputaran matahari (solar system) disesuaikan dengan kalender Islam yang berbasis pada perputaran bulan (lunar system).

Meski kalender Jawa akhirnya menggunakan sistem perputaran bulan seperti halnya kalender Islam atau kalender Hijriyah, namun angka tahun dari kalender Saka tetap diteruskan. Sehingga tahun 1555 Saka pada waktu itu angkanya diteruskan dan diganti dengan tahun 1555 Jawa.

Peralihan dari Kalender Saka

Menurut jurnal itu, peralihan dari kalender Saka ke kalender Islam Jawa dimulai pada Jum'at Legi tanggal 1 Sura tahun Alip 1555 J, bertepatan dengan tanggal 1 Muharam tahun 1043 Hijriyah atau 8 Juli 1633 M.

Penyesuaian nama hari, bulan, tahun dengan kalender Hijriyah ada di halaman selanjutnya...