Belajar Menangkal Hoax dari Komunitas Rumah Kita di Demak

Mochamad Saifudin - detikJateng
Senin, 24 Jan 2022 15:47 WIB
Sejumlah siswa mengikuti diskusi menangkal hoax di Komunitas Rumah Kita (Koruki)
Sejumlah siswa mengikuti diskusi menangkal hoax di Komunitas Rumah Kita (Koruki). (Foto: Mochamad Saifudin/detikJateng)
Demak -

Sebanyak 20 siswa SMK N 1 Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, belajar menangkal informasi hoax atau berita palsu ke Komunitas Rumah Kita (Koruki). Koruki adalah komunitas yang bergerak di bidang pendampingan sosial, beralamat di Desa Karangsari RT 4 RW 2, Kecamatan Karangtengah, Demak.

Dari pantauan detikJateng, para siswa yang merupakan perwakilan ketua kelas itu tampak sibuk menggambar dan menuliskan sejumlah pesan bijak untuk menyikapi informasi hoax. Salah satu karya itu berupa gambar kepala berisi sejumlah ikon media sosial.

"Bijak mengkonsumsi informasi itu seperti kalau makan, harus yang baik baik saja, yang benar. Diteliti dulu, jangan sampai menyebarkan informasi hoax," kata salah seorang siswa kelas X Teknik Otomotif, Deni Setiawan, menjelaskan pesan dalam gambarnya.

Pemateri diskusi bertema Generasi Bijak Anti Hoax, Edhie Prayitno Ige, membagikan sejumlah tips kepada para siswa itu tentang cara menangkal hoax.

Pertama, saat menerima informasi awal, pahami dulu kebenarannya secara rasio. Tips kedua, yaitu melakukan verifikasi melalui mesin pencari (search engine) di internet.

"Paling gampang cek fakta itu pakai mesin pencari. Nanti akan muncul link-link cek fakta sejumlah media," kata Edhie yang juga editor salah satu media nasional itu.

Pendiri Koruki, Kusfitria Marstyasih, mengatakan Komunitas Rumah Kita (Koruki) didirikan pada 2014. Menurut Kusftria, Koruki didirikan sebagai wadah untuk berproses bagi siapapun.

Kusfitria melanjutkan penjelasannya, sejak didirikan sampai sekarang, Koruki sering mengadakan pendampingan sosial, acara bedah buku, hingga diskusi bulanan.

"Acara diskusi bulanan di Koruki kita beri nama Purnama di Koruki. Ini sudah yang ke-8," ujar Pipit, sapaan akrab Kusfitria.



Simak Video "Cara Membedakan Berita Hoax di Sejumlah Platform"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)