Konser Gamelan ISI Solo Live di YouTube, Penonton Tembus 10 Ribu

dil - detikJateng
Jumat, 21 Jan 2022 08:13 WIB
Gamelan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda, ISI gelar syukuran konser Paramangangsa.
Konser gamelan Paramangangsa di pendopo ISI. (Foto: dok ISI Solo)
Solo -

Konser gamelan bertajuk Paramagangsa di Pendopo Ageng GPH Djoyokusumo Institut Seni Indonesia (ISI) Solo pada Kamis malam (20/1) berlangsung meriah. Meski jumlah tamu undangannya terbatas, konser yang disiarkan secara langsung via Youtube itu menyedot perhatian ribuan warganet.

Konser untuk merayakan penetapan gamelan sebagai warisan budaya tak benda oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) itu disiarkan di channel YouTube ISI Surakarta Official dan Pusat Studi Gamelan ISI Surakarta.

"Konser ini sebagai respons apresiasi dan ungkapan syukur dari keluarga ISI Surakarta dan masyarakat gamelan Indonesia," kata Ketua Penyelenggara Konser Paramagangsa, Waluyo, saat membacakan pidato laporannya.

Menurut Waluyo, konser yang melibatkan 121 orang dari kalangan dosen, mahasiswa, seniman dan seniwati gamelan dari berbagai komunitas itu juga sebagai momentum lahirnya spirit baru untuk semakin peduli pada kelestarian seni gamelan di Indonesia dan dunia.

Dari pantauan detikJateng, saat konser Paramagangsa berlangsung, jumlah penonton di channel YouTube ISI Surakarta Official hampir mencapai 3 ribu. Tidak sekadar menyaksikan siarannya, warganet juga terus membanjiri kolom obrolan langsung (live chat) dengan beragam komentar.

Mayoritas warganet mengucapkan selamat atas pengakuan UNESCO terhadap gamelan, sekaligus mendoakan kesuksesan konser itu. Namun, ada pula warganet yang melontarkan kritik halus karena mesti bersabar menunggu selesainya rangkaian pidato sambutan di awal konser.

"Ncen dadi seniman ki kudu sabar (memang menjadi seniman itu harus sabar)," tulis salah satu warganet via live chat.

Meski siaran langsungnya telah berakhir 10 jam lalu, video konser berdurasi 2 jam 11 menit di channel YouTube ISI Surakarta Official masih terus kebanjiran penonton. Hingga pukul 06.00, tercatat ada sebanyak 10.264 penonton.



Simak Video "Konser 25 Tahun Berkarya, Rossa Gaet Afgan hingga Ariel NOAH"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)