Curhat Pelaku UMKM-Pedagang di Kudus ke Mendag Zulkifli Hasan

Curhat Pelaku UMKM-Pedagang di Kudus ke Mendag Zulkifli Hasan

Dian Utoro Aji - detikJateng
Rabu, 28 Sep 2022 16:05 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat kunjungan kerja di Kudus, Rabu (28/9/2022).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat kunjungan kerja di Kudus, Rabu (28/9/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng
Kudus -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menggelar silaturahmi dengan pelaku UMKM dan pedagang di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Para pelaku UMKM dan pedagang Pasar Kliwon pun curhat alias menyampaikan keluh kesahnya.

Salah satu pelaku UMKM, Karinda Ardiana, mengatakan pemerintah belum maksimal mendukung para pelaku UMKM di Kudus, terutama yang bergerak di bidang fashion.

"Harapan kami bisa go internasional, jadi mohon support dan dukungan dari Menteri Perdagangan agar kita bisa mempromosikan dan menjual ke luar negeri," kata produsen jilbab itu kepada Zulkifli Hasan, Rabu (28/9/2022).


Pelaku UMKM lainnya, Arga, mengatakan produknya berupa fashion muslim mendapatkan orderan ke luar negeri. Namun, karena biaya pengirimannya mahal, konsumen tidak lagi membeli produknya.

"Saya sudah ekspor ke Malaysia produk fashion muslim, biaya mahal. Waktu itu saya kirim lewat jasa pengiriman di Bandung, padahal produknya di Kudus. Terus dikirim lewat Semarang, Jakarta, Singapura, Malaysia, akhirnya mutar-mutar, akhirnya tidak diambil," ucap Arga.

"Harapannya agar kita dipermudah untuk ekspor barang produk kita ke luar negeri," sambung dia.

Sementara itu Ketua Himpunan Pedagang Pasar Kliwon (HPPK), Salahudin, mengatakan fasilitas umum di Pasar Kliwon sebagai pasar grosir terbesar di Pantura Timur Jawa Tengah perlu diperbarui.

"Pasar Kliwon perlu perhatian, fasilitas-fasilitas umum perlu diperbarui, sehingga pedagang ini bisa maksimal. Perlu bantuan sokongan dari pemerintah pusat," ujarnya.

Salahudin pun berharap agar pedagang Pasar Kliwon dipermudahkan mendapatkan mendapatkan KUR. "Mohon pedagang Pasar Kliwon juga bisa mendapatkan bantuan KUR yang mudah," Salahudin mengimbuhkan.

Menanggapi curhat para pelaku UMKM, Mendag Zulkifli Hasan berjanji akan mempermudah perizinan untuk ekspor ke luar negeri. Zulkifli juga berencana menyelenggarakan event untuk mengenalkan produk lokal ke luar negeri.

"Kalau kita kunjungan diajak nih, nanti boleh saya fasilitasi expo, nanti stannya tidak bayar di Jakarta Fashion Week. Pameran di sana tidak usah bayar, bulan Oktober 2022," kata Zulkifli Hasan.

"Industri UMKM, tekstil, pakaian muslim, ini kita betul Indonesia menjadi pusat model pakaian ini. Sebulan ini kita berupaya untuk produk menyerbu ke luar negeri. Ada hambatan kita bantu," imbuh dia.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)