Shopee PHK Karyawan, Gibran: di Solo Bakal Rekrut Seribu Pekerja

Shopee PHK Karyawan, Gibran: di Solo Bakal Rekrut Seribu Pekerja

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Selasa, 20 Sep 2022 21:24 WIB
Shopee buka kantor di Solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di acara pembukaan kantor Shopee di Solo. (Foto: Shopee)
Solo -

Perusahaan marketplace Shopee Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawan. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut kebijakan tersebut tidak berpengaruh dengan kantor Shopee di Solo.

"Kemarin sudah dapat kabar, ada perampingan sedikit, tapi Solo nggak," kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (20/9/2022).

Untuk diketahui, Shopee memiliki tiga kantor di Solo, yakni di Solo Paragon Mall, Kampus UMKM Ekspor, dan satu Shopee Creative and Innovation Hub di Solo Technopark (STP).


Gibran justru menyebut Shopee Creative and Innovation Hub di STP bakal menambah seribu karyawan setelah gedung baru STP selesai dibangun.

"Yang di STP malah mau merekrut seribu karyawan. (Yang di Solo Paragon) sampai saat ini masih aman," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan bahwa dengan berat hati, Shopee Indonesia harus melepas sejumlah karyawannya.

Keputusan ini merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh, setelah melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," katanya, dikutip dari detikFinance.

Langkah efisiensi sejalan dengan fokus Shopee secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan, yang merupakan 2 komponen penting dalam menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

"Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri serta berkelanjutan, dan kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan kami stabil di situasi ekonomi saat ini," tambahnya.

Shopee berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi karyawan yang terdampak dari kebijakan ini.

"Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan yang terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan 1 bulan gaji," paparnya.



Simak Video "Imbas Situasi Ekonomi Global, Shopee PHK Sejumlah Karyawannya"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)