Laris Manis! Cokelat Bernuansa HUT RI Produksi Wanita Klaten

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Jumat, 12 Agu 2022 15:52 WIB
Produksi cokelat berkarakter HUT RI bikinan Maria di Klaten, Jumat (12/8/2022).
Cokelat berkarakter HUT RI buatan Maria di Klaten, Jumat (12/8/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Seorang ibu rumah tangga, Maria Restuningsih (31), punya cara unik menggelorakan nasionalisme di kalangan anak-anak. Warga Desa Karangwungu, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah itu membuat produk cokelat bernuansa HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

"Ya ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak-anak yang sekarang pada mulai berkurang. Saya produksi mulai akhir bulan Juli," ungkap Maria kepada wartawan di rumah produksi Pawon Atis miliknya, Jumat (12/8/2022).

Maria memproduksi camilan cokelat dan permen cokelat sudah dua tahun terakhir. Usaha ini berawal karena anaknya yang penyuka cokelat.


"Awalnya dulu anak saya kan penyuka cokelat terus saya buat sendiri dan ternyata laku dijual. Biasanya hanya karakter-karakter kartun atau event ulang tahun dan hari raya," paparnya.

Menjelang HUT RI tahun ini, Maria mulai punya ide membuat karakter nasionalisme. Ada delapan cetakan cokelat dengan karakter berbeda.

"Ada delapan karakter untuk sambut HUT yang saya buat. Mulai tulisan 17 Agustus, tahun 1945, I love RI, paskibraka, berbagai lomba 17-an dan lainnya," jelasnya.

Ternyata produk barunya itu diminati banyak orang. Bahkan saat ikut pameran UMKM diserbu masyarakat.

"Saat di stand UMKM di GOR tersebut sudah 300 biji. Harganya juga terjangkau karena untuk camilan cokelat model permen Rp 6 ribu per biji, yang toplesan Rp 30 ribu," kata Maria.

Produksi cokelat berkarakter HUT RI bikinan Maria di Klaten, Jumat (12/8/2022).Produksi cokelat berkarakter HUT RI bikinan Maria di Klaten, Jumat (12/8/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Karakter HUT Kemerdekaan itu, ujar Maria, akan tetap dipertahankan untuk diproduksi setiap tahun.

"Kalau karakter HUT RI ini mau saya gunakan terus soalnya setiap tahun pasti merayakan HUT RI. Paling laku di kalangan anak-anak," imbuhnya.

Maria menyebut pemasaran produknya berbasis online dan reseller. Saat ini dia sedang mengurus sertifikasi agar bisa masuk ke toko.

"Kita sedang urus sertifikasi sehingga bisa masuk toko dan supermarket. Sementara pemasaran sudah sampai Cirebon dan paling jauh ke Balikpapan," pungkas Maria.

Dwi Astuti (36), salah seorang pembeli mengatakan membeli cokelat karakter HUT RI ini sebanyak 25 biji. Camilan cokelat itu akan dibagikan anak-anak.

"Saya beli 25 biji untuk dibagikan anak-anak saat HUT RI. Sekaligus buat menumbuhkan rasa nasionalisme anak," kata Dwi kepada wartawan.

Dari sisi produk, kata Dwi, camilan cokelat itu unik dan pasti disukai anak-anak. Selain awet juga harganya terjangkau.

"Harganya murah Rp 6 ribu, karena bentuknya unik pasti anak-anak suka. Orang tua saja juga banyak yang suka cokelat," ujarnya.



Simak Video "Melihat Lagi Paskibra di Tangerang Becek-becekan di Upacara HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/apl)