Syarat Ajukan Pinjaman Online, dari Pinjol Legal hingga KUR BRI

Tim detikNews - detikJateng
Jumat, 29 Jul 2022 03:08 WIB
Ilustrasi pinjol
Ilustrasi pinjol. Foto: Shutterstock
Solo -

Syarat ajukan pinjaman online cukup mudah. Dari pinjaman online (pinjol) legal hingga Kredit Usaha Rakyat di Bank Rakyat Indonesia (KUR BRI), syarat utama yang diminta ialah identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun, untuk pinjaman online KUR BRI, ada beberapa syarat tambahan. Berikut penjelasannya.

Wajib Baca Sebelum Akses Pinjol

Syarat ajukan pinjaman online yang pertama, kamu harus memastikan dulu apakah pinjol tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dikutip dari laman resmi OJK, per 22 April 2022 ada 102 daftar perusahaan pinjol yang dinyatakan sudah berizin. Untuk mengecek daftarnya, silakan buka di laman ojk.go.id.

1. Syarat Ajukan Pinjaman Online di Pinjol Legal

Syarat ajukan pinjaman online memang lebih mudah, praktis, dan simpel dibandingkan jika kamu meminjam ke bank secara offline. Berikut dua syarat utamanya:


  • Sudah berusia legal (18 tahun ke atas)
  • Melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto diri sambil memegang KTP untuk keperluan verifikasi
  • Tiga syarat di atas berlaku bagi siapapun, dari karyawan hingga pelaku bisnis
  • Mengenai Pinjaman Online ke KUR BRI.

2. Syarat Ajukan Pinjaman Online ke KUR BRI

Seperti diketahui, Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pembiayaan bersubsidi dari pemerintah dengan bunga rendah.
Dilansir detikNews, Kemenko Perekonomian menetapkan kuota penyaluran KUR 2022 menjadi Rp 373,17 triliun. Dari jumlah itu, BRI mendapatkan alokasi Rp 260 triliun.

Jika ingin mengajukan KUR BRI, kamu tak harus ke kantor BRI. Cukup buka saja laman kur.bri.co.id. Berikut syarat ajukan pinjaman online ke KUR BRI.

  • Perorangan (individu)
  • Punya usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan
  • Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lain-lain dan/atau penyedia ride hailing atau transportasi online seperti Gojek atau Grab.
  • Tidak sedang menerima kredit dari bank, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan kartu kredit
  • Siapkan kartu identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha (bisa berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Jika lima syarat ajukan pinjaman online ke KUR BRI tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa langsung mengakses laman kur.bri.co.id. Di laman tersebut, kamu tinggal mengikuti mekanisme dan cara mengajukan pinjamannya. Mudah kok. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.



Simak Video "Pemasok Dana Pinjol Ilegal di PIK 2 Kini Sedang Diincar Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)