Ajak Warga Dukung UMKM, Sandiaga: Jangan Jadi Rohali, Tapi Rojali!

Imam Suripto - detikJateng
Minggu, 03 Jul 2022 21:32 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau pameran UMKM di Kota Tegal, Minggu (3/7/2022).
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau pameran UMKM di Kota Tegal, Minggu (3/7/2022). Foto: Imam Suripto/detikJateng
Tegal -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi pameran UMKM di Kota Tegal, Minggu (3/7/2022). Dalam kunjungan itu dia mengajak masyarakat untuk ikut mendukung UMKM.

Kegiatan Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 berlokasi di Rita Mall Kota Tegal. Pameran ini menampilkan beragam produk dan ide kreatif dari 27 finalis.

Dalam kesempatan itu Sandiaga Uno mengakui produk finalis AKI 2022 dari Kabupaten Tegal dan Kota Tegal memiliki kualitas bagus.


Dia juga cukup terkesan dengan produk abon milik salah satu peserta. Produk itu tidak menggunakan bahan daging sapi seperti abon pada umumnya, namun menggunakan bahan ikan lele.

"Saya lihat produk-produk tadi luar biasa sekali. Saya terinspirasi dengan produk olahan abon lele. Ikan yang awalnya tidak dianggap kini menjadi alternatif protein karena harga-harga kebutuhan meningkat," ucapnya.

Dalam kegiatan itu dia juga meminta agar masyarakat ikut mendukung kemajuan produk UMKM. Caranya adalah dengan tidak menjadi 'Rohali', namun menjadi 'Rojali' dan 'Rogana'.

Masyarakat jangan Rohali, tapi harus jadi Rojali. Ini bentuk keberpihakan kepada UMKM," ajak Sandiaga kepada masyarakat yang hadir.

Dia lantas menjelaskan bahwa Rohali merupakan singkatan dari rombongan hanya lihat-lihat. Sedangkan rojali adalah singkatan rombongan jadi beli.

Adapun rogana merupakan singkatan rombongan nggak pakai nawar. "Kita juga Rogana, rombongan yang nggak pakai nawar," katanya menjelaskan.



Simak Video "Strategi Menparekraf Genjot Pelaku UMKM di Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)