Diduga Tempat Prostitusi, Puluhan Warkop di Pantura Pemalang Dibongkar!

Diduga Tempat Prostitusi, Puluhan Warkop di Pantura Pemalang Dibongkar!

Robby Bernardi - detikJateng
Senin, 06 Feb 2023 13:36 WIB
Puluhan warung kopi di jalur Pantura, Pemalang, dibongkar karena diduga jadi lokasi prostitusi, Senin (6/2/2023).
Puluhan warung kopi di jalur Pantura, Pemalang, dibongkar karena diduga jadi lokasi prostitusi, Senin (6/2/2023). Foto: Robby Bernardi/detikJateng
Pemalang -

Puluhan warung kopi yang berada di tepi jalur Pantura Kabupaten Pemalang dibongkar. Warung-warung itu diduga ada yang disalahgunakan menjadi lokasi prostitusi.

Pembongkaran warung di Jalan Jatirejo, Kecamatan Ampelgading, itu dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara (PT PN) IX selaku pemilik lahan dan Satpol PP Pemalang.

Sekretaris PT PN IX, Wahyudi mengatakan pihaknya bersama Pemkab Pemalang melakukan penertiban warung liar yang berdiri di atas aset milik PT PN IX di Desa Jatirejo, Kecamatan Ampelgading.

"Penertiban ini merupakan bentuk upaya pengamanan aset perusahaan sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam menegakkan Perda Nomor 12 tahun 2019, tentang Penanggulangan Pelacuran," kata Wahyudi dalam pers rillisnya yang diterima detikJateng, Senin (6/2/2023).

Sebelumnya pihaknya telah melakukan sosialisasi dan pendekatan secara humanis soal rencana penertiban kepada pemilik dan penghuni warung di wilayah tersebut.

"Penertiban aset ini dilakukan sebagai wujud upaya PT PN IX dan Pemkab Pemalang menjadikan kawasan yang terindikasi digunakan sebagai kegiatan/usaha prostitusi dapat menjadi lebih bersih, tertata, serta jauh dan kegiatan/usaha ilegal sehingga dapat menjadi pendukung utama bagi keberadaan Jalan Pantura-Comal," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Pemalang, Rahardjo membenarkan bahwa sebagian warung-warung kopi itu diduga disalahgunakan untuk prostitusi. Hal itu berdasarkan temuan saat melakukan operasi maupun dari laporan masyarakat.

Puluhan warung kopi di jalur Pantura, Pemalang, dibongkar karena diduga jadi lokasi prostitusi, Senin (6/2/2023).Puluhan warung kopi di jalur Pantura, Pemalang, dibongkar karena diduga jadi lokasi prostitusi, Senin (6/2/2023). Foto: Robby Bernardi/detikJateng

"Ini kita kawal penertiban. Ini warung yang menempati di tanah PTPN terindikasi memang informasi-informasi ada beberapa digunakan sebagai warung prostitusi. Memang kami (sebelumnya) melakukan operasi-operasi, ya menang ada yang untuk kegiatan itu," kata Rahardjo.

Dari sejumlah operasi yang dilakukan, Satpol PP bersama Dinas Kesehatan melakukan tes kepada para wanita di warung dan didapati ada yang terindikasi HIV/AIDS.

"Hasilnya sih ada memang hasil operasi kemarin, kita uji lab untuk HIV AIDS, ada beberapa yang terkonfirmasi. Jumlahnya berapa, silakan cek ke DKK," katanya.

"Kalau kegiatan prostitusi memang ada sebagian warga yang meresahkan, hasil rapat koordinasi beberapa kali, warga juga merasa keberatan dengan adanya kegiatan itu (warung kopi)," lanjut Rahardjo.

Dalam catatan Satpol PP, warung kopi yang ditertibkan hari ini berjumlah sekitar 60 warung yang berada di sisi utara jalur Pantura. Sedianya warung-warung tersebut akan ditertibkan tahun 2019. Namun karena pandemi upaya penertiban tertunda.

Halaman selanjutnya, pengakuan pemilik warung....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT