Waspada Cuaca Ekstrem di Jateng Hingga 2 Desember 2022

Waspada Cuaca Ekstrem di Jateng Hingga 2 Desember 2022

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Rabu, 30 Nov 2022 15:28 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: Rifkianto Nugroho
Semarang -

BMKG mengeluarkan informasi prakiraan cuaca Jawa Tengah dengan dampak hujan lebat. Sejumlah daerah masuk dalam wilayah berkategori waspada.

Informasi itu dikeluarkan BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah dengan informasi yang berlaku hari Kamis (1/12/2022) pukul 07.00 WIB besok hingga Jumat (2/12/2022) pukul 07.00 WIB.

Berikut prakiraan cuaca terdampak hujan lebat yang masuk wilayah waspada mulai Kamis besok pukul 07.00 WIB:


  • Pemalang: Warungpring, Moga, Randudongkal
  • Tegal: Jatinegara, Bojong
  • Kendal: Patean, Sukorejo
  • Temanggung: Tretep, Bejen
  • Kota Salatiga: Sidorejo, Tingkir, Argomulyo, Sidomukti
  • Kabupaten Semarang : Tuntang, Waduk Rawapening, Banyubiru, Getasan

Sementara itu informasi lainnya datang dari BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang. Yaitu prospek cuaca ekstrem di Jawa Tengah hingga Kamis (2/12).

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno mengatakan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat daerah belokan dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah dan anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudera Hindia selatan Jawa memicu adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

"Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 30 November - 2 Desember 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah," kata Sutikno dalam keterangannya.

Sementara itu daerah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir yaitu:

Tanggal 30 November 2022

Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Kabupaten dan Kota Magelang, Boyolali, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Kabupaten Semarang, Temanggung, Kendal, Surakarta, dan sekitarnya.

Tanggal 01 Desember 2022

Blora, Rembang, Pati, Kudus, Salatiga, Temanggung, Kab. Semarang, Wonosobo, Kabupaten dan Kota Magelang, Brebes, Kabupaten Tegal, Pekalongan, Batang, Boyolali, dan sekitarnya.

Tanggal 02 Desember 2022

Salatiga, Kabupaten Semarang, dan sekitarnya.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," jelasnya.



Simak Video "BMKG Update Terkait Cuaca Ekstrem di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)