Kirim Logistik-Relawan, Ganjar Minta Kondisi Warga Jateng di Cianjur Dipantau

Kirim Logistik-Relawan, Ganjar Minta Kondisi Warga Jateng di Cianjur Dipantau

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Kamis, 24 Nov 2022 14:50 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberangkatkan bantuan logistik dan relawan ke Cianjur, Kamis (24/11/2022).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberangkatkan bantuan logistik dan relawan ke Cianjur, Kamis (24/11/2022). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng
Semarang -

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengirimkan bantuan logistik dan petugas relawan BPBD ke lokasi Gempa Cianjur, Jawa Barat. Selain untuk membantu warga di Cianjur, para relawan juga ditugaskan melacak keberadaan warga Jateng yang mungkin menjadi korban dalam bencana itu.

Hal itu diungkapkan Ganjar usai melepas rombongan pembawa bantuan di halaman kantornya di Jalan Pahlawan. Ia mengatakan memantau setiap perkembangan informasi, termasuk insiden tiga jenazah dan empat korban luka asal Brebes yang dibawa dalam satu ambulance.

"Yang meninggal di Brebes sudah komunikasi dengan bu Bupati, Wakil, Sekda. Kemarin ada pungutan atau apa itu, sudah diganti," kata Ganjar di halaman kantornya, Kamis (24/11/2022).


Hingga saat ini Ganjar belum mendapat laporan terkait warga Jateng yang menjadi korban di Cianjur. Ia berharap warga Jateng yang jadi korban gempa bisa menghubungi perwakilan Pemprov Jateng di sana.

"Kalau ada warga di sana segera lapor nanti kita dorong (bantuan). Saya minta BPBD memantau di sana kalau ada masyarakat Jawa Tengah, dapat perhatian," tegasnya.

Untuk diketahui bantuan senilai Rp 1,87 miliar berupa barang dan uang tunai diluncurkan dari Jawa Tengah untuk korban gempa di Cianjur. Barang-barang yang dikirim mulai dari kasur, pakaian, sayur, hingga mainan. Bantuan berasal dari pemerintahan, lembaga swasta, hingga perusahaan.

"Tadi Solo ada tim dokternya, terus Demak ada tim rescue-nya, Kabupaten Semarang ada, Pramuka ikut hadir terus kemudian Boyolali umpama kasih satu mobil cold storage membawa sayuran segar, agar kemudian ini bermanfaat," kata Ganjar.

Kepada relawan gabungan yang diberangkatkan, Ganjar berpesan harus sudah menyiapkan diri termasuk vitamin. Harapannya tim yang jumlahnya lebih dari 250 orang itu kondisi fisiknya sehat hingga pulang dan tidak malah merepotkan di sana.

"Tidak ngrepoti, makanan untuk tim harus diurus sendiri, kesehatan untuk tim diurus sendiri. Kalau perlu tidak ada perumahan ya nggolek dewe, buat tenda sendiri sehingga kita datang ke sana betul-betul sebagai satu tim yang solid untuk bisa membantu masyarakat yang ada di Cianjur," tegasnya.

Untuk diketahui, gempa magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur. Tercatat 268 orang meninggal akibat bencana alam tersebut.

Insiden sempat terjadi dengan korban asal Brebes dimana tiga jenazah dan empat korban luka dibawa satu ambulans dan ditarik uang Rp 6 juta. Pemkab Brebes sudah membereskan hal itu dan mengganti uang ke keluarga korban.



Simak Video "Naikkan Target Investasi, Ganjar Incar Investor dari Afrika-Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ams)