NU Bersalawat di Candi Borobudur Malam Ini, Simak Akses Masuk ke Lokasi

wara wara

NU Bersalawat di Candi Borobudur Malam Ini, Simak Akses Masuk ke Lokasi

Eko Susanto - detikJateng
Kamis, 17 Nov 2022 13:53 WIB
NU Berselawat di Candi Borobudur, Kamis (17/11/2022)
NU Berselawat di Candi Borobudur (Foto: Eko Susanto/detikJateng
Magelang -

Nahdlatul Ulama (NU) Berselawat bakal digelar di Taman Lumbini Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, nanti malam. Rencananya acara ini akan dihadiri Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf.

Ketua PCNU Kabupaten Magelang KH Achmad Izzudin LC atau Gus Din mengatakan, NU Berselawat ini digelar menyongsong satu abad NU. Acara NU Berselawat ini diagendakan dimulai pukul 19.00 WIB nanti malam.

"Di NU kan sedang ada harlah 1 abad yang salah satu temanya adalah merawat jagad membangun peradaban. Sehingga kita juga kepingin memberikan message kepada dunia bahwa dari NU yang mempunyai satu keinginan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur agama, menjaga toleransi," kata Gus Din saat dihubungi, Kamis (17/11/2022).


"Inilah yang kita inginkan ketika diadakan di Borobudur sebagai bentuk kebersamaan kita, kerukunan dan toleransi di antara pemeluk agama di Kabupaten Magelang," ujar Gus Din.

Dihadiri Habib Syech-Ketum PBNU

NU Berselawat ini digelar untuk pertama kalinya di Taman Lumbini Candi Borobudur. Acara ini bakal dihadiri sejumlah tokoh NU, dihadiri Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf hingga pejabat pemerintah.

"Kita akan kerawuhan (kedatangan) Habib Syech dan juga akan kerawuhan beberapa dari pengurus PBNU. Insyaallah Ketum Gus Yahya, Sekjen Pak Syaifullah Yusuf. Insyaallah akan hadir dan juga para pejabat pemerintah, jajaran Forkopimda juga kita aturi hadir untuk acara nanti malam," tuturnya.

"Kita sesuai kapasitas yang ada di Lumbini dan nanti sebagian akan kita tempatkan di luar candi kalau di dalam sudah penuh. Di Lumbini (kapasitas) 5.000," tuturnya.

Pihaknya pun meminta warga NU untuk mengikuti acara dengan tertib. Dia pun berharap acara berjalan lancar.

"Kita mengimbau kepada warga nahdliyin khususnya muslimin di Kabupaten Magelang untuk bersama-sama niatan kita berselawat ini adalah memohon kepada Allah. Berdoa bersama sehingga kita harus tunjukkan kepada dunia bahwa kita juga bisa mengadakan kegiatan dengan tertib, dengan baik sehingga betul-betul nanti membawa keberkahan bagi kita semuanya," harap Gus Din.

Selengkapnya akses masuk ke Candi Borobudur selama NU Berselawat...