NasDem Usung Anies sebagai Capres, AHY: Koalisi Penuh Misteri

NasDem Usung Anies sebagai Capres, AHY: Koalisi Penuh Misteri

Eko Susanto - detikJateng
Senin, 03 Okt 2022 21:22 WIB
ahy-anies formula e
AHY dan Anies Baswedan. Foto: 20Detik
Magelang -

Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai capres untuk Pemilu 2024. Terkait dengan hal tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menghormati itu sebagai hak dan kedaulatan Partai NasDem.

"Tadi pagi Partai NasDem contohnya, telah mendeklarasikan calon presiden tahun 2024, sudah berkomunikasi juga dengan Demokrat, termasuk PKS di Jakarta kemarin. Kita menghormati sepenuhnya, itu adalah hak dan kedaulatan Partai NasDem," kata AHY di hadapan ribuan kader Partai Demokrat yang menghadiri pelantikan pengurus DPC se-Jateng di Grand Artos Hotel Magelang, Senin (3/10/2022).

"Begitu pula sebaliknya, mereka menghormati kedaulatan, proses dan mekanisme yang berlaku internal di Partai Demokrat, termasuk di PKS. Jadi sampai dengan hari ini, suasana dan kebersamaannya masih baik. Tapi sekali lagi kita sama-sama terus membangun komunikasi dan silaturahmi semoga ada kebersamaan-kebersamaan ke depan," tegas AHY.


AHY meminta para kader tidak perlu khawatir dan jangan sampai gagal fokus. Para kader diharapkan meningkatkan elektabilitas Partai Demokrat, caleg-caleg, dan juga meningkatkan elektabilitas AHY. Pada saatnya Partai Demokrat juga akan mengumumkan siapa capres dan cawapres 2024 yang diusungnya.

"Sekali lagi, tidak perlu terlalu khawatir dengan itu, jangan sampai kita gagal fokus. Terus saja tingkatkan elektabilitas partai kita, tingkatkan elektabilitas caleg-caleg kita, tingkatkan elektabilitas (AHY) supaya ada jalan ke arah sana dan semoga pada saatnya. Saya yakinkan pada saatnya yang tepat, kita juga akan mengumumkan sikap kita seperti apa dan juga mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrat," ujarnya.

Menurut AHY, koalisi tersebut penuh dengan misteri. Hal ini karena bukan hanya satu partai yang menentukan. Kemudian, dinilai waktunya masih cukup karena pendaftaran capres dan cawapres pada Oktober 2023 mendatang.

"Koalisi itu penuh dengan misteri karena bukan hanya kita yang menentukan dan tidak semua dalam kendali kita. Kita hanya bisa terus berikhtiar, saya, sekjen dan semua jajaran di Jakarta berusaha yang terbaik dan selalu terbuka ruang untuk terjadi koalisi seperti yang kita harapkan. Waktunya masih cukup karena pendaftaran itu akan terjadi di bulan September hingga Oktober 2023. Saya berharap para kader juga tetap tenang, tidak usah kita merasa grusah-grusuh, kita hormati, kita hormati partai-partai yang telah menentukan sikapnya," pungkasnya.



Simak Video "AHY Bantah 'Gonjang-ganjing' di Demokrat-Nasdem: Ingin Politik Teduh"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/dil)