Kecelakaan Kerja di Pabrik Kertas Wonogiri, 1 Pekerja Tewas

Kecelakaan Kerja di Pabrik Kertas Wonogiri, 1 Pekerja Tewas

Muhammad Aris Munandar - detikJateng
Senin, 03 Okt 2022 18:31 WIB
Evakuasi korban kecelakaan kerja di PT Paper Prima Indonesia (PPI) Wonogiri, Senin (3/10/2022).
Evakuasi korban kecelakaan kerja di PT Paper Prima Indonesia (PPI) Wonogiri, Senin (3/10/2022). Foto: dok. Kades Wonokerto.
Wonogiri -

Kecelakaan kerja terjadi di PT Paper Prima Indonesia (PPI) yang beralamat di Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri Kota, Wonogiri. Akibatnya salah seorang pekerja asal Kabupaten Karanganyar tewas.

"Benar ada kecelakaan kerja di sana (PT PPI), tadi sekitar pukul 05.45 WIB. Korban meninggal," kata Kades Wonokerto, Suyanto, Senin (3/10/2022).

Suyanto mengatakan pekerja yang meninggal dalam kecelakaan kerja itu adalah Sumingkir (52) warga Matesih, Karanganyar. Setelah mendapat kabar kecelakaan itu, Suyanto dan sejumlah jajaran mendatangi lokasi kejadian.


Kecelakaan kerja itu, kata Suyanto, bermula saat korban akan menyambung kertas yang putus. Namun, tangan korban tersangkut. Kemudian korban terjatuh dari lantai dua dan meninggal dunia.

"Mesinnya di lantai dua. Korban jatuh ke lantai satu. Kami bersama petugas dari puskesmas dan kepolisian mengevakuasi korban kemudian dibawa ke rumah sakit. Korban dibawa ke rumah duka dan dimakamkan. Keluarga menerima dan mengikhlaskan. Perusahaan juga memberikan bantuan," ungkap dia.

Diketahui, pada April lalu juga terjadi kecelakaan kerja di pabrik kertas tersebut. Korban juga meninggal dunia atas kejadian saat itu.

Menanggapi hal itu, Suyanto menyatakan sudah ada evaluasi dari perusahaan setelah kejadian pertama atau pada April lalu. Yaitu, perusahaan memberi pengaman tambahan. Terkait kejadian yang kedua kali ini, Suyanto selaku pemangku wilayah akan melakukan evaluasi bersama perusahaan.

"Kami tadi sudah ketemu manajemen, akan dievaluasi bersama agar peristiwa seperti ini tidak terulang kembali. Sudah ada pengaman (tapi kecelakaan) bisa terjadi lagi, apa karena fisik pekerja atau apa nanti diselidiki sekaligus mencari antisipasinya," kata Suyanto.

Sementara itu, saat dimintai konfirmasi, HRD PT Paper Prima Indonesia Heru Pranoto mengaku masih menunggu pemeriksaan dari kepolisian.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)