Kematian Subchan yang Jadi Nama Jalan Kudus Disebut Terkait Operasi Intelijen

Dian Utoro Aji - detikJateng
Sabtu, 01 Okt 2022 10:25 WIB
Jalan HM Subchan ZE, Kudus. Foto diunggah Sabtu (1/10/2022).
Jalan HM Subchan ZE, Kudus. (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Kudus -

Nama HM Subchan ZE diabadikan di sebuah jalan di Kudus. Kematian sosok dikenal yang keras menentang adanya PKI pascakejadian Tragedi 1965 itu disebut misterius.

Dosen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Tsabit Azinar Ahmad, mengatakan pria kelahiran Kepanjen, Malang Selatan, 22 Mei 1931 itu meninggal dunia di usia 42 tahun. Subchan meninggal dunia saat sedang berada di Arab.

Subchan diduga menjadi korban operasi intelijen yang dilakukan penguasa pada kala itu.


"Ada awalnya memang Soeharto dengan proses pergantian itu. Di awal itu tidak sepakat dengan pikiran Soeharto, sebelum meninggal. Beliau meninggal dunia waktu kecelakaan di Arab. Dikaitkan dengan operasi intelijen itu, tapi hal tersebut perlu dibuktikan kembali," jelasnya saat berbincang dengan detikJateng, beberapa waktu lalu.

Terlepas dari kematiannya tersebut, Tsabit mengatakan sosok Subchan layak mendapatkan gelar pahlawan Indonesia. Terlebih jasa-jasa membawa perubahan Indonesia pada masa peralihan tersebut.

"Terkait dengan usulan gelar pahlawan itu ada proses berjenjang dari tingkat provinsi, tingkat nasional, yang penting itu ada pembuktian peranannya ya itukan harus bisa dokumentasi. Kalau sudah jelas data atau fakta yang mendukung apalagi dia ini merupakan tokoh nasional ya itu saya kira esensial layak," tuturnya.

HM Subchan ZE Jadi Nama Jalan di Kudus

Jalan HM Subchan ZE berada tepat depan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus. Jalan Subchan ZE berada dari Dishub Kudus sampai ke utara perempatan Jember. Tiang plang penunjuk jalan masih jelas. Di tiang itu tertera tulis "HM Subchan ZE".

Arus lalu lintas di jalan tersebut tampak ramai. Baik dari roda dua dan roda empat yang menuju kota Kudus atau sebaliknya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus, Sam'ani Intakoris mengatakan jalan di Kudus beberapa menggunakan nama tokoh yang ada di Kota Kretek itu. Salah satunya nama Subchan ZE. Menurutnya sosok Subchan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Terutama di Kudus.

Simak lebih lengkap di halaman berikutnya...



Simak Video "Lukas Tumiso, Eks Tapol Penyintas Pulau Buru"
[Gambas:Video 20detik]