Mengenang Sosok HM Subchan ZE Penentang PKI yang Jadi Nama Jalan di Kudus

Mengenang Sosok HM Subchan ZE Penentang PKI yang Jadi Nama Jalan di Kudus

Dian Utoro Aji - detikJateng
Sabtu, 01 Okt 2022 08:44 WIB
Jalan HM Subchan ZE, Kudus. Foto diunggah Sabtu (1/10/2022).
Jalan HM Subchan ZE, Kudus. (Jalan HM Subchan ZE, Kudus.Description
Kudus -

Sebuah ruas jalan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah diberi nama HM Subchan ZE. Ternyata di balik sebuah nama jalan tersebut merupakan sosok dikenal yang keras menentang adanya PKI pascakejadian Tragedi 1965.

Jalan HM Subchan ZE berada tepat depan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus. Jalan Subchan ZE berada dari Dishub Kudus sampai ke utara perempatan Jember. Tiang plang penunjuk jalan masih jelas. Di tiang itu tertera tulis "HM Subchan ZE".

Arus lalu lintas di jalan tersebut tampak ramai. Baik dari roda dua dan roda empat yang menuju kota Kudus atau sebaliknya.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus, Sam'ani Intakoris mengatakan jalan di Kudus beberapa menggunakan nama tokoh yang ada di Kota Kretek itu. Salah satunya nama Subchan ZE. Menurutnya sosok Subchan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan di Kudus.

"Jalan di Kudus menggunakan nama tokoh, seperti Nitisemito, Sosrokartono, dan HM Subchan ZE," kata Sam'ani kepada detikJateng, Jumat (23/9/2022).

Sam'ani pun berencana untuk mengusulkan nama-nama tokoh yang dijadikan jalan untuk mendapatkan gelar pahlawan. Selain nama Subchan ZE, juga ada nama jalan Nitisemito hingga Sosrokartono yang makamnya ada di Kudus.

"Nanti akan kita kumpulkan nama-nama tokoh itu termasuk Subchan ZE ini untuk mendapatkan gelar pahlawan," ujarnya.

Kisah Subchan ZE Minta PKI Dibubarkan

Dosen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Tsabit Azinar Ahmad, mengatakan HM Subchan ZE memiliki nama Subchan Zaenuri Echsan. Subchan ZE lahir di Kepanjen, Malang Selatan, 22 Mei 1931.

Kata dia, Subchan dikenal tumbuh di lingkungan santri di wilayah Kabupaten Kudus. Ayah Subchan bernama Rochlan Ismail. Dia adalah mubaligh, pedagang, dan pengurus Muhammadiyah di Malang. Sedangkan ibunya pengurus Aisyiyah. Subchan waktu kecil diangkat anak oleh pamannya, Zaenuri Echsan yang merupakan pengusaha rokok kretek asal Kudus.

Simak lebih lengkap di halaman berikutnya...



Simak Video "Warga Berebut Nasi Berkat Buka Luwur Sunan Kudus"
[Gambas:Video 20detik]