Cara Membersihkan Memori HP Android, Bikin Ponsel Kembali Kencang

Cara Membersihkan Memori HP Android, Bikin Ponsel Kembali Kencang

Tim detikINET - detikJateng
Jumat, 30 Sep 2022 01:01 WIB
Ilustrasi Android
Ilustrasi HP Android. Foto: Reuters
Solo -

HP Android yang sudah dipakai lebih dari setahun rata-rata mengalami penurunan performa. Salah satu gejala yang terlihat adalah HP yang terasa lambat saat menjalankan aplikasi.

Salah satu penyebabnya adalah memori RAM yang semakin penuh. Jumlah aplikasi serta data yang digunakan membuat ruang penyimpanan dalam HP android menjadi penuh.

Tentu saja, hal ini terkadang sangat menjengkelkan bagi pengguna HP. Apalagi orang-orang yang saat ini tidak hanya menggunakan HP untuk komunikasi namun juga menunjang pekerjaan.


Salah satu solusinya adalah membeli HP Android keluaran terbaru. Biasanya, HP keluaran terbaru memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar..

Namun tentunya hal ini tidak akan menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki penghasilan dan tabungan terbatas. Masih banyak yang beranggapan berganti HP setiap tahun adalah sebuah pemborosan.

Kondisi tersebut membuat solusi yang paling mungkin adalah membersihkan memori RAM HP secara berkala. Cara ini bisa membuat kapasitas penyimpanan tetap lega dan berimbas pada performa yang tetap kencang.

Dikutip dari detikINET, berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan memori HP Android.

Periksa Penggunaan Memori Secara Berkala

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui kapasitas memori RAM Hp yang tersedia dan sudah digunakan dengan mengklik Android Settings > Memory.
Selanjutnya pengguna bisa mengetahui jumlah memori yang digunakan aplikasi dengan mengklik "Memory used by apps.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Pengguna bisa mempertimbangkan menghapus aplikasi yang boros memori atau yang tidak lagi digunakan dengan mengklik sort by max use di tiga tombol kanan atas. Pengguna juga bisa memaksa aplikasi berhenti beroperasi untuk membebaskan memori RAM Hp android.

Memilih Mode Disable Apps

Untuk aplikasi yang sewaktu-waktu masih dibutuhan, kamu tidak harus menghapusnya. Kamu memiliki pilihan untuk menonaktifkan aplikasi atau disable apps sementara.

Kamu bisa melakukannya dengan cara mengklik Settings > Apps untuk mengetahui aplikasi yang bisa dihentikan untuk sementara, selanjutnya klik disable. Aplikasi biasanya akan berhenti sementara.

Untuk tips selanjutnya, simak halaman berikutnya ya