Mengintip Desain JPO di Fly Over Purwosari Solo, Ada Lift Super Gede

Mengintip Desain JPO di Fly Over Purwosari Solo, Ada Lift Super Gede

Agil Trisetiawan Putra - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 16:54 WIB
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui di Balaikota Solo, Kamis (29/9/2022).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui di Balaikota Solo, Kamis (29/9/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng
Solo -

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) akan dibangun di Fly Over Purwosari. Kepala DPU PR Solo Nur Basuki mengatakan, JPO tersebut lebarnya 4 meter dengan panjang lebih dari 20 meter.

JPO yang akan dibangun ini nantinya berkonsep modern, disebut mirip seperti yang ada di depan RS dr Moewardi (RSDM). Tapi JPO di Fly Over Purwosari ini lebih panjang dan liftnya lebih besar.

Pembangunan JPO ini diharapkan bisa menjadi solusi agar masyarakat tak perlu mengambil jalan memutar untuk menyeberang. Namun, Pemkot Solo masih mencari sumber anggarannya.


"Di APBD 2023 belum ada. Baru diusulkan lewat dana bangun atau yang lainnya. Kalau (anggaran) dari yang lain sudah tidak ada, mau tidak mau dari APBD 2024," kata Kepala DPUPR Solo Nur Basuki , Kamis (29/9/2022).

Sementara, anggaran pembangunannya dari rencana GII, bantuan German ke Indonesia untuk sektor urban transport. Pembangunan JPO itu disebut akan menelan anggaran sekitar Rp 20 miliar.

"JPO modern, desain awal ada ramp untuk pesepeda karena jarak jauh muter-muter 6 kali. Menurut Pak Wali, ramp itu nanti tidak ada yang pakai, akhirnya diarahkan pakai lift, dengan lift ini lebih efisien," jelas Nur Basuki.

Sementara itu Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan JPO itu akan menghubungkan Stasiun Purwosari dengan Skate Park.

"2023 ya. Kita matangkan desainnya dulu," katanya.

Gibran menuturkan, JPO yang akan dibangun itu akan dilengkapi berbagai fasilitas untuk mengakomodir penyeberang jalan. JPO itu juga bakal ramah disabilitas.

"Pokoknya ada lift super gede, bisa dinaiki orang dan sepeda," ucap Gibran.



Simak Video "Ganjar Bicara Inflasi di Solo: Banyak Event, Sampai Nanti Nikahan Kaesang"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)