Ada Pawai Kebaya, Jalan Slamet Riyadi Solo Ditutup 2 Kali Besok Minggu

Agil Trisetiawan Putra - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 15:50 WIB
Ilustrasi batik
Ilustrasi. Foto: shutterstock
Solo -

Jalan Slamet Riyadi Kota Solo akan ditutup dua kali pada Minggu (2/10/2022). Penutupan pertama dilakukan saat acara Car Free Day pagi. Siangnya, penutupan kembali dilakukan karena ada acara Berkebaya bersama Ibu Negara untuk memperingati Hari Batik Nasional.

"Yang (penutupan) sore itu hanya dari Lodji Gandrung sampai nDalem Wuryaningratan. Jarak pendek saja, karena ada ibu-ibu pawai," kata Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Kamis (29/9/2022).

Gibran meminta penutupan jalan itu tidak lebih dari 3 jam. Sebab, lalu lintas di Kota Solo sedang padat, imbas dari penutupan Jembatan Jurug B dan Jembatan Mojo.


Acara Berkebaya bersama Ibu Negara itu akan dihadiri Iriana Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Selain itu, Iriana juga akan menggandeng Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), dan istri-istri Gubernur di Indonesia. Sejumlah elemen masyarakat lain juga akan dilibatkan dalam acara itu.

Sebanyak 2.500 peserta akan mengikuti pawai kebaya tersebut. "Selvi (Ananda) ikut kirab," ujar Gibran.

Gibran mengatakan, peringatan hari batik nasional di Solo akan dibanjiri banyak acara. Seperti Solo Batik Fashion, Solo Batik Festival, serta acara di Kampung Batik Kauman dan Lewayan.

Terpisah, Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan acara Berkebaya Bersama Ibu Negara dijadwalkan pukul 13.30-17.00 WIB. Selama itu jalan akan ditutup, hanya kendaraan tamu undangan yang diperbolehkan masuk.

"Penutupan dilakukan dari Gendengan sampai nDalem Wuryaningratan. Akses menuju Slamet Riyadi akan ditutup," kata dia.

Saat penutupan jalan tersebut, parkir akan disterilkan. BST yang melintasi Slamet Riyadi juga akan dialihkan.



Simak Video "Ribuan Wanita Ikut Pawai Kebaya Bersama Iriana Joko Widodo"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aku)