Museum Patiayam Kudus Temukan Fosil Rusa-Gajah Purba Berumur Jutaan Tahun

Museum Patiayam Kudus Temukan Fosil Rusa-Gajah Purba Berumur Jutaan Tahun

Dian Utoro Aji - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 13:53 WIB
Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus melakukan penyelamatan fragmen hewan purba, Kamis (29/9/2022).
Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus melakukan penyelamatan fragmen hewan purba, Kamis (29/9/2022). (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Kudus -

Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus melakukan penyelamatan fragmen fosil hewan rusa dan gajah purba. Diperkirakan fragmen tersebut berusia sampai jutaan tahun.

Fragmen hewan purbakala ditemukan di dua lokasi. Pertama di wilayah Pegunungan Patiayam di Pati pada Minggu (25/9) lalu. Serta kedua di wilayah Pegunungan Patiayam di Kabupaten Kudus pada Senin (26/9) lalu.

Koordinator Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus, Jamin mengatakan fragmen di wilayah Pati merupakan serpihan diduga tulang hewan rusa purba. Hanya kata dia fragmen tersebut masih dilakukan konservasi dan penelitian lebih lanjut.


"Untuk temuan yang terbaru itu dimulai Minggu (25/9), kita ada dua tempat penyelamatan, hari itu penyelamatan di wilayah Pati, di Desa Pegandang Kecamatan Margorejo. Di sana menemukan beberapa fragmen, ada enam fragmen kita kita adakan penyelamatan satu hari selesai," kata Jamin ditemui di Museum Situs Purbakala Patiayam, Kamis (29/9/2022).

"Ini diduga merupakan fragmen rusa purba, hanya kami sedang melakukan konservasi dan penelitian lebih lanjut," sambung dia.

Lebih lanjut kata dia penyelamatan fragmen kedua ditemukan beberapa serpihan diduga tulang gajah purba jenis Stegodon trigonochepalus. Menurutnya penyelamatan tersebut membutuhkan waktu hingga tiga hari. Sebab medannya berada di lereng Perbukitan Patiayam.

"Setelah itu kita menindaklanjuti beberapa di wilayah Perbukitan Srumpit di Dukuh Karangsudo Desa Terban, Kecamatan Jekulo dimulai Senin (26/9) dengan tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran," jelasnya.

"Kita menyelamatkan beberapa fragmen yang yang kita amati itu sejenis gajah Stegodon trigonochepalus dengan fragmen tulang belakang terus ada tulang rusuk," Jamin mengimbuhkan.

Dia mengatakan fragmen rusa purba dan gajah purba tengah dilakukan konservasi Museum Situs Purbakala Patiayam bekerjasama dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. Fragmen tersebut diduga berusia 750 ribu sampai 1,5 juta tahun yang lalu.

"Untuk usia dari situs Pleistosen itu berusia 700 ribu sampai 1,5 juta tahun yang lalu. Ini kita amati tindaklanjuti penggalan penemuan gading gajah (yang ditemukan di Kudus) pada bulan Agustus 2022 kemarin," ungkap Jamin.

Pihak museum tengah menyimpan fragmen-fragmen tersebut. Temuan baru tersebut menambah koleksi di Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus. Saat ini Total ada 9.700 fragmen. Mulai dari gajah, rusa, banteng, dan hewan laut purba lainnya.

"Total temuan sampai per hari 9.700 fragmen," pungkas Jamin.

Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus melakukan penyelamatan fragmen hewan purba, Kamis (29/9/2022).Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus melakukan penyelamatan fragmen hewan purba, Kamis (29/9/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng


Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)