Soal Siswa SMKN 1 Karangjambu KBM di Pasar, Ganjar: Ada yang Ancam Viralkan

Soal Siswa SMKN 1 Karangjambu KBM di Pasar, Ganjar: Ada yang Ancam Viralkan

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Rabu, 28 Sep 2022 16:11 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: dok. Istimewa)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo angkat bicara soal kegiatan belajar siswa SMK Negeri 1 Karangjambu Purbalingga yang kini menumpang di pasar setempat. Ganjar mengungkap adanya pihak yang mengancamnya untuk membuat permasalahan sekolah ini jadi viral.

"Sebenarnya kejadian semacam ini juga ada di tempat lain. Tapi kalau kita bisa me-manage dengan baik ya tidak jadi isu seperti itu. Karena ada yang ingin itu jadi viral, 'kalau tidak saya viralkan lho pak', ada yang ancam itu. Ya viralkan saja nggak papa wong tanggungjawab saya," kata Ganjar kepada detikJateng usai jumpa pers konferensi pers Tour De Borobudur XII, Rabu (28/9/2022).

Ganjar menjelaskan memang sekolahan tersebut belum memiliki gedung, namun ada permasalahan ketika peminat banyak, maka rombongan belajar ditambah oleh kepala sekolah.


"Ya memang begitu karena belum ada. Tidak ada masalah sebenarnya, hanya memang setelah kita cek kemarin kayaknya karena keinginan di publik banyak ingin sekolah ke sana dan kapasitas kurang, ya kepala sekolah agak nekat, dia menambah kapasitas kan nggak boleh. Seharusnya menunggu sesuai kapasitas yang ada," kata Ganjar.

"Tapi kemarin coba kita selesaikan, yang penting jangan ada yang menumpangi dengan cerita lain," imbuhnya.

Ganjar menyebut pihak kepala sekolah sudah diberi teguran, namun untuk jalan keluarnya juga dipikirkan.

Terkait pembangunan sekolah, Ganjar menegaskan terus diupayakan termasuk daerah-daerah lain yang butuh sekolah karena adanya sistem zonasi. Ia juga sudah membahas itu di rapat paripurna dengan DPRD.

"Kemarin bahkan di rapat paripurna saya sampaikan, dengan sistem zonasi itu sekarang ketahuan ada banyak daerah yang tidak bisa mengakses sekolahan dengan gampang, butuh dibangun sekolahan. Itulah kenapa dibangun di Tawangmangu, Cilongok, kemudian sekarang muncul usulan lain ya ini kita minta untuk dihitung semua," jelas Ganjar.

"Ini tidak hanya Karangjambu lho. Banyak di Jateng. Maka saya minta dihitung," imbuhnya.

Siswa SMKN 1 Karangjambu sekolah di pasar, simak di halaman selanjutnya...