Namanya Masuk Sipol, Belasan Guru di Boyolali Klarifikasi ke KPU

Namanya Masuk Sipol, Belasan Guru di Boyolali Klarifikasi ke KPU

Jarmaji - detikJateng
Senin, 26 Sep 2022 19:47 WIB
Sejumlah guru di Boyolali memberikan klarifikasi ke KPUD setempat, Senin (26/9/2022).
Sejumlah guru di Boyolali memberikan klarifikasi ke KPUD setempat, Senin (26/9/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng
Boyolali -

Belasan guru mendatangi kantor KPU Boyolali. Mereka klasifikasi karena namanya tercatat sebagai anggota partai politik dan muncul di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU.

"Nama saya masuk di Sipol, sebagai anggota partai politik," kata Amriyanto, ditemui di kantor KPU Boyolali, Senin (26/9/2022).

Guru honorer Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali itu mengaku, di Sipol tercatat masuk sebagai anggota Partai kebangkitan Bangsa (PKB). Padahal dia tidak merasa dan tak pernah mendaftar sebagai anggota PKB.


"Nggak merasa dan belum pernah mendaftar sebagai anggota parpol. Belum punya KTA. Makanya ini klarifikasi kesini, ke KPU," jelasnya.

Apalagi, lanjut dia, kedepan dirinya juga akan mendaftar Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK guru. Yang salah satu syaratnya tidak menjadi anggota partai politik.

"Saya mau daftar PPPK, kan salah satu syaratnya bukan anggota Parpol. Kita cek di Sipol, kok ada (namanya sebagai anggota PKB). Nah kita klarifikasi kesini," imbuh dia.

Amriyanto tak sendirian. Di sekolah MI di Kemusu itu juga ada guru lain yang juga terdaftar di Sipol. Yakni Isrofingah. Dia pun juga ke KPU untuk klarifikasi.

Guru lainnya, Maskuri, namanya juga terdaftar di Sipol sebagai anggota PKB. Padahal, dia mengaku tidak merasa menjadi anggota Parpol tersebut. Setelah mengecek di website infopemilu.kpu.go.id dirinya baru mengetahui jika NIK-nya terdaftar sebagai anggota PKB.

"Awalnya dari teman-teman diminta ngecek. Saya kan keseharian mengajar, jadi guru honorer dan sudah sertifikasi. Makanya harus netral. Setelah mengecek, ternyata NIK (Nomor Induk Kependudukan) masuk salah satu parpol. Keterangannya masuk sebagai anggota PKB," kata guru MI Desa Kendel, Kecamatan Kemusu ini.

Tanggapan dari KPU Boyolali di halaman selanjutnya