Tanah Amblas, Lansia di Klaten Terperosok ke Sumur Sedalam 13 Meter

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Minggu, 25 Sep 2022 18:14 WIB
Tim evakuasi gabungan menyelamatkan warga tercebur sumur di Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Minggu (25/9/2022).
Tim evakuasi gabungan menyelamatkan warga terperosok ke sumur di Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Minggu (25/9/2022). Foto: dok. Damkar Klaten
Klaten -

Sukisno (79) warga Klaten terperosok ke dalam sumur rumahnya gegara tanah amblas. Proses evakuasi berlangsung dramatis.

"Saat korban hendak ke kamar mandi, saat berjalan di dekat sumurnya, tiba-tiba tanah yang diinjak di dekat sumur tersebut amblas. Korban terperosok hingga masuk ke dasar sumur," jelas Kapolsek Klaten Utara AKP Sugeng Handoko kepada detikJateng usai evakuasi, Minggu (25/9/2022) sore.

Sugeng menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.40 WIB. Korban kemudian berteriak minta tolong dan didengar oleh istrinya.


"Setelah terperosok, korban berteriak. Teriakan minta tolong didengar saksi Rukayah (71) istri korban," jelasnya.

Istri korban kemudian mengecek ke sumber suara dan mendapati suaminya itu di dalam sumur. Istri korban langsung meminta tolong tetangga.

"Korban masih teriak minta tolong agar minta tolong diturunkan tangga, kemudian warga menghubungi Damkar Klaten dan Polsek Klaten Utara," papar Sugeng.

Tim Damkar bersama Polsek, PMI, SAR, dan BPBD langsung ke lokasi untuk mengevakuasi korban. Korban akhirnya terevakuasi oleh tim dalam keadaan selamat.

"Korban masih hidup. Korban mengalami luka pada kaki kanan patah dan tangan kiri lecet dan dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan ambulans," pungkas Sugeng.

Sementara itu Kabid Pemadaman Penyelamatan dan Evakuasi Bidang Damkar Satpol PP Pemkab Klaten, Sumino, menjelaskan sumur berkedalaman sekitar 13 meter.

"Sumur berkedalaman sekitar 13 meter dengan diameter 1 meter. Korban jiwa nihil dan bisa dievakuasi sekitar pukul 16.30 WIB," ungkap Sumino kepada detikJateng.



Simak Video "Di Balik Mitos Sumur Tujuh di Pulau Sembilan Sinjai"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/rih)