Halangi Laju Ambulans di Karanganyar, Pengemudi Sedan Mewah Minta Maaf

Halangi Laju Ambulans di Karanganyar, Pengemudi Sedan Mewah Minta Maaf

Agil Trisetiawan Putra - detikJateng
Sabtu, 24 Sep 2022 17:52 WIB
Pengemudi sedan Camry, Sri Ronggo, berjabat tangan dengan pengemudi ambulans REKA, Mirzan, di Satlantas Polres Karanganyar, Sabtu (24/9/2022).
Pengemudi sedan Camry, Sri Ronggo, berjabat tangan dengan pengemudi ambulans REKA, Mirzan, di Satlantas Polres Karanganyar, Sabtu (24/9/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng
Karanganyar -

Pengemudi Camry Nopol AD 800 AN, Sri Ronggo, warga Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, yang menghalangi laju ambulans akhirnya meminta maaf.

Ronggo menghalangi laju ambulans REKA yang hendak merujuk pasien dari wilayah Karangpandan menuju ke RSUD Karanganyar di Jalan Solo-Tawangmangu wilayah Kelurahan Popongan, Karanganyar pada Jumat (23/9/2022) siang. Video Renggo pun viral di media sosial.

Satlantas Polres Karanganyar pun memfasilitasi pertemuan antara pengemudi ambulans dengan pengemudi Camry itu pada Sabtu (24/9/2022).


"Saya minta maaf atas kejadian tersebut dan tidak mengulangi lagi," kata Ronggo.

Ronggo mengaku tidak tahu ada ambulans di belakang mobilnya karena dia saat itu sedang mendengarkan musik. Saat itu dirinya dalam perjalanan dari Jatiyoso menuju ke tempat usaha di Desa Bekonang, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.

"Volume gede, saya tidak mendengar bahwa di belakang ada ambulans," ujar dia.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Yulianto melalui KBO Satlantas Polres Karanganyar, Iptu Anggoro Wahyu S, mengatakan setelah mengecek nopol Camry itu, diketahui pengemudinya merupakan warga Kecamatan Jatiyoso.

"Yang bersangkutan (Ronggo) ada itikad baik, untuk menyelesaikan permasalahan kemarin," kata Anggoro usai mediasi. Mediasi tersebut melibatkan Driver REKA, Mizan, dan senior ambulans Karanganyar.

Anggoro menuturkan, permasalahan tersebut telah diselesaikan secara kekeluargaan. Polisi juga telah mengecek dokumen pengemudi Camry dan surat-suratnya lengkap. Pihaknya juga meminta Ronggo membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi kesalahannya.

Sesuai Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 134, ada beberapa kendaraan yang mendapatkan prioritas seperti mobil pemadam, ambulans, dan kendaraan pribadi yang membawa orang sakit dan korban kecelakaan lalu lintas.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan kalau menjumpai kendaraan itu memberikan prioritas," ucapnya.



Simak Video "Penampakan Ambulans Berlogo PDIP Hangus Terbakar di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)