CFD Gelora Sanden Kota Magelang Kembali Digelar Akhir Pekan Ini

CFD Gelora Sanden Kota Magelang Kembali Digelar Akhir Pekan Ini

Eko Susanto - detikJateng
Jumat, 23 Sep 2022 21:07 WIB
Alun-alun Kota Magelang, Kamis (16/12/2021).
Ilustrasi Kota Magelang. Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang -

Car Free Day (CFD) Gelora Sanden Magelang yang sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi COVID-19 akan kembali digelar. Untuk itu, mulai Minggu (25/9), akan dibuka kembali di kawasan Sport Center Kota Magelang.

Dalam ajang tersebut, penyebutan Car Free Day (CFD) juga akan diubah menjadi Pasar Rakyat Gelora Sanden (PRGS).

Koordinator PRGS, Fathurrozaq mengatakan, PRGS merupakan nama baru dari sebelumnya yang sudah ada berupa car free day (CFD) atau Sunday morning (Sunmor) Gelora Sanden. Adapun sunmor ini sudah berlangsung sejak September 2019 sampai Maret 2020.


"Sejak pertengahan Maret 2020 itu kegiatan kita berhenti total akibat terdampak pandemi COVID-19. Selama berhenti itu, banyak pedagang anggota kami yang selalu bertanya kapan bisa dimulai kembali, apalagi beberapa bulan terakhir kasus COVID-19 melandai," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (23/9/2022).

Menurutnya, tidak mudah untuk kembali membuka kegiatan rutin tiap hari Minggu tersebut. Selain karena lama terhenti, juga karena situasi masih dibayang-bayangi oleh pandemi COVID-19 yang sebenarnya belum berakhir.

"Tapi karena desakan banyak pihak, maka kami sebagai pengelola berupaya meminta izin Bapak Wali Kota agar bisa membuka kembali CFD/Sunmor itu sekaligus dengan brand baru, yaitu PRGS. Bersyukur akhirnya Bapak Wali Kota mengizinkan diadakannya kegiatan tersebut," tuturnya seraya menyebut sudah ada 90 pedagang yang mendaftar.

Sementara itu, Kepala UPT Sport Center Disporapar, Bayu Saputro menambahkan, kegiatan tiap Minggu pagi ini dinilai akan menambah lengkap dan semarak kawasan Gelora Sanden. Pengunjung bisa sekaligus berolahraga.

"Pengunjung PRGS dapat sekaligus berolahraga di fasilitas yang kita miliki, begitu juga sebaliknya masyarakat yang sedang berolahraga di sport center bisa sekaligus belanja di PRGS. Maka, cocok taglinenya PRGS ini Ayo Berwisata dan Ayo Berolahraga," ujarnya.



Simak Video "Sudah 2 Kali Percobaan Anak Bunuh Keluarga di Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)