Tak Cuma Jeruk, Ini Sederet Obat Alami untuk Atasi Sariawan

Kesehatan

Tak Cuma Jeruk, Ini Sederet Obat Alami untuk Atasi Sariawan

Tim detikHealth - detikJateng
Jumat, 23 Sep 2022 03:00 WIB
Close up Children with aphtha on lip
Ilustrasi sariawan. Foto: Getty Images/iStockphoto/PhanuwatNandee
Solo -

Sariawan di mulut tidak bisa disepelekan. Luka yang terkadang hanya berukuran kecil ini cukup mengganggu. Penderitanya mengalami rasa nyeri dan tak nyaman saat berbicara maupun makan.

Selama ini masyarakat meyakini bahwa buah jeruk merupakan obat alami yang paling ampuh untuk mengatasi sariawan. Sebab, sariawan selalu dikaitkan dengan kekurangan vitamin C. Sedangkan jeruk merupakan buah yang kaya dengan vitamin C.

Namun, pada kenyataannya sariawan yang dalam bahasa medis disebut sebagai kandidiasis oral ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Selain kekurangan vitamin C, sariawan biasanya muncul ketika daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan asam folat, serta adanya infeksi bakteri atau jenis virus tertentu.


Dalam beberapa kasus, trauma jaringan lunak mulut juga dapat menyebabkan sariawan.

Dikutip dari detikHealth, ada beberapa obat alami lain yang bisa dicoba untuk mengatasi sariawan. Obat alami itu bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Apa saja?

1. Air Garam

Berkumur dengan air larutan garam bisa menjadi solusi untuk mengobati sariawan. Sebab, kandungan zat antiseptik dalam garam bisa membersihkan mulut.

Kamu bisa melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Lalu berkumur hingga air garam bisa menjangkau semua mulut.

2. Yogurt

Cara mengatasi sariawan secara alami adalah dengan mengonsumsi yogurt. Cara ini bisa digunakan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Yogurt mengandung bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat yang ada di dalam mulut sehingga membuat mulut lebih bersih dan sehat.

Usahakan memilih yogurt tanpa pemanis untuk mencegah berkembangnya jamur dalam mulut.

3. Lemon

Buah lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu memulihkan luka sariawan yang terjadi di mulut. Selain itu, air lemon disebut memiliki sifat antiseptik dan antijamur yang dapat meredakan sariawan.

Menurut sebuah penelitian kecil tahun 2009, air lemon ditemukan menjadi obat ampuh sariawan oral. Seseorang bisa menambahkan air lemon dengan air hangat dan menjadikannya sebagai obat kumur. Air lemon juga bisa langsung dioleskan ke area sariawan.

4. Kunyit

Emon-empon ini memiliki kandungan kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi.

Menurut penelitian tahun 2010 pada tikus, kurkumin dapat mengobati sariawan oral. Studi ini menemukan kurkumin sebagai anti jamur terhadap spesies albicans dan non albicans candida, terutama ketika dikombinasikan dengan piperin.

5. Madu

Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga mampu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses penyembuhan dari sariawan.

Karenanya, madu menjadi salah satu obat ampuh sariawan. Madu juga aman diberikan untuk anak-anak di atas usia 1 tahun.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/dil)