Mau Bikin CV tapi Belum Pernah Gabung Organisasi, Lalu Diisi Apa Ya?

Mau Bikin CV tapi Belum Pernah Gabung Organisasi, Lalu Diisi Apa Ya?

Rizky Dafa Prasetyanto - detikJateng
Selasa, 13 Sep 2022 12:20 WIB
ilustrasi fokus Curriculum Vitae lamaran kerja
Ilustrasi. Foto: Thinkstock
Solo -

Curriculum Vitae atau CV merupakan dokumen penting bagi setiap orang untuk melamar suatu posisi terutama pekerjaan. Namun bagi para fresh graduate atau lulusan baru terkadang masih bingung tentang bagaimana harus mengisi konten pada CV mereka.

Apalagi para sarjana yang selama kuliah jarang ikut organisasi atau tak aktif di kegiatan lain di luar kelas.

International Project Coordinator dari Bright Internships, Yemima Priambodo, membagikan beberapa tips dan saran dalam membuat CV bagi yang pengalaman organisasinya sedikit atau bahkan tidak ada.


Pertama, Yemima menekankan jika masih terdapat kesempatan untuk mencari pengalaman maka lebih baik mencoba untuk mengeksplorasi dunia organisasi terlebih dahulu.

"Pengalaman itu kan didapat ketika kalian sudah melaksanakannya, jika kalian masih punya waktu untuk mencari pengalaman maka lebih baik dipersiapkan dari awal. Karena nantinya dalam CV/resume pengalaman lah yang akan ditulis di situ," terangnya dalam dalam Seri Webinar "Career Preparation Class" yang diselenggarakan oleh CDC (Career Development Center) Fisipol UGM pada 27 Juni 2022 yang ditayangkan melalui akun YouTube Fisipol UGM.

detikJateng telah mendapat izin dari Fisipol UGM untuk mengutip isi dari konten tersebut.

Kedua, Ia menyarankan jika belum ada pengalaman kerja maka kegiatan volunteering atau relawan bisa menjadi alternatif untuk dicantumkan pada CV.

"Kalian bisa menuliskan di CV tentang keterlibatan di kegiatan volunteering (relawan) atau sosial. Bahkan mungkin freelance dengan misal membantu teman untuk mengembangkan media sosial kafe miliknya, itu bisa dimasukkan," tuturnya.

Hal ini menurutnya tak lepas dari sudut pandang HR (Human Resources) yang akan menilai calon pekerjanya dari aspek kemampuannya ketika berkontribusi di suatu kegiatan.

Terakhir, Yemima mengatakan jika memang belum memiliki pengalaman kerja, maka bisa mulai mencoba dengan internship atau magang.

"Internship memang bukan kerja yang beneran, tidak dapat gaji full dan bobot responsibility nya tidak begitu berat, jadi masih 50:50. Namun kalian bisa bekerja sekaligus belajar dalam perusahaan tersebut secara professional. Jadi magang bisa menjadi langkah tepat teman-teman untuk membangun CV dan pengalaman kerja kalian," pungkasnya.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)