Puluhan OPD Pemkab Klaten Mendadak Jadi TikTokers, Ada Apa?

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Kamis, 18 Agu 2022 14:40 WIB
Juri lomba Tiktok Lingkungan OPD Pemkab Klaten sedang memilih peserta.
Juri lomba Tiktok Lingkungan OPD Pemkab Klaten sedang memilih peserta. (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Klaten -

Sebanyak 39 organisasi perangkat daerah (OPD) dan BUMD di Pemkab Klaten mendatak jadi TikTokers. Mereka juga ramai-ramai membuat konten TikTok. Ada Apa?

Ternyata puluhan OPD dan BUMD mengikuti lomba konten TikTok yang diselenggarakan oleh Pemkab Klaten. Materinya tentang budaya kerja dan pelayanan publik.

"OPD dan BUMD yang ada di Klaten bisa mengikuti lomba TikTok budaya kerja dan layanan publik. Sampai batas waktu ada 39 peserta yang sekarang sudah tahap penjurian," ucap penanggung jawab lomba, Agus Suprapto kepada detikJateng di Pemkab Klaten, Kamis (18/8/2022) siang.


Menurut Agus, jumlah OPD yang tidak ikut juga cukup banyak. Sebab ini lomba kali pertama yang dilakukan Pemkab Klaten.

"Ini baru pertama kali. Ini bagian dari instruksi Kemenpan RB bahwa TikTok bisa menjadi media bagaimana OPD dalam menjalankan pelayanan publik, produknya seperti apa dan juga informasi," terang Agus.

Lomba konten TikTok itu, sambung Agus, saat ini masih dalam rangka HUT RI dan HUT Klaten. Tapi ke depan kegiatan di TikTok itu akan jadi agenda.

"Nanti menjadi bagian agenda rutinitas dari OPD. Sekarang masih dalam rangka memperingati rangkaian HUT RI dan HUT Klaten," kata Agus.

Agus yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu Pemkab Klaten itu menambahkan ada tiga hal yang dinilai.

"Ada kriteria, yang pertama itu keterlibatan kepala OPD. Yang kedua kekompakan dan orisinalitas karya," imbuh Agus.

Dari 39 peserta itu, lanjut Agus, akan dipilih pemenangnya juara 1 sampai 3 dan juara harapan. Pemenang akan mendapatkan uang apresiasi.

"Pemenang mendapatkan uang apresiasi dari panitia. Juri ada tiga, dari Dinas Kominfo, BKPSDM dan bagian organisasi, semua kepala OPD ternyata ikut," tambah Agus.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten, Bambang Subiantoro mengatakan ikut membuat konten TikTok. Meskipun baru kali ini ada tetapi tidak ada yang grogi.

"Grogi sih tidak, ya kan cuma cepat. Meskipun yang mengambil gambar ya kita sendiri dan tidak melibatkan orang lain," ungkap Bambang kepada detikJateng.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/aku)