Ba'asyir-Santri Juga Upacara HUT RI, Pertama Kali Sejak Ponpes Ngruki Berdiri

Round-Up

Ba'asyir-Santri Juga Upacara HUT RI, Pertama Kali Sejak Ponpes Ngruki Berdiri

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 18 Agu 2022 07:27 WIB
Ustaz Abu Bakar Baasyir mengikuti upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki.
Foto: Ustaz Abu Bakar Ba'asyir mengikuti upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki. (Antara)
Solo -

Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki menggelar upacara peringatan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8) kemarin. Ini merupakan momen pertama kalinya ponpes asuhan ustaz Abu Bakar Ba'asyir itu menggelar upacara bendera HUT RI.

Upacara itu dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Tampak ustaz Abu Bakar Ba'asyir hadir mengenakan baju dan peci berwarna putih, sarung cokelat muda, berkaca mata dan menggenggam tongkat.

Upacara digelar mulai pukul 07.00 WIB di lapangan Ponpes Al-Mukmin. Turut menyaksikan pula Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi dan Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho.


Wujud Syukur kepada Allah

Usai upacara, Abu Bakar Ba'asyir mengatakan pihaknya tidak hanya menggelar upacara. Santri pun mengikuti kegiatan sujud syukur di masjid.

"Ya itu merupakan kesyukuran kepada Allah, bersyukur kepada Allah. Jadi kewajiban kita ini, apa saja yang dikaruniai oleh Allah harus kita balas bersyukur. Lha ini diwujudkan dengan upacara, tetapi di masjid tampaknya ada juga akan diwujudkan dalam sujud syukur di masjid," kata Abu Bakar Ba'asyir, Rabu (17/8).

Dia kemudian mengatakan rasa syukur tersebut masih belum sempurna. Menurutnya, rasa syukur akan sempurna ketika hukum diatur sesuai dengan ketentuan Allah.

"Hanya saja itu masih ada lanjutnya. Pada Islam, bersyukur pada Allah yang paling disempurnakan itu, negara yang dikarunia Allah ini harus diatur dengan hukum yang diturunkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, itu sempurnanya bersyukur," ujarnya.

"Indonesia sudah bersyukur, namun belum sempurna. Doakan saja semoga Indonesia akan diatur hukum dari Tuhan Yang Maha Kuasa supaya menjadi negara yang baldatun toyibatun warobbun ghofur, yaitu negara yang baik penuh keampunan dari Allah," ungkapnya.

Upacara HUT RI Pertama di Ponpes Ngruki

Terkait upacara tersebut, Abu Bakar Ba'asyir menyebut baru pertama dilaksanakan sejak berdiri pada tahun 1972. Abu Bakar juga belum mengetahui apakah akan menggelar upacara HUT RI tahun depan.

"Belum pernah ada (upacara HUT RI), baru kali ini, sejak berdiri," katanya.

"Saya sendiri belum ngerti (apakah tahun depan ada upacara). Ini sebetulnya bukan usaha pondok, tetapi persatuan alumni pondok," pungkasnya.

Simak pesan Menko PMK Muhadjir Effendy di halaman selanjutnya..



Simak Video "Momen Abu Bakar Ba'asyir Mengakui Pancasila Dasar Negara"
[Gambas:Video 20detik]