Pertama Kalinya dalam Sejarah Ponpes Ngruki Gelar Upacara HUT RI Besar-besaran

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Rabu, 17 Agu 2022 07:09 WIB
Direktur Ponpes Al-Mukmin, Ustaz Yahya mengatakan upacara akan diikuti sekitar 800 orang dari santri maupun ustaz dan tamu undangan. Hadir sebagai inspektur upacara, Menko PMK Muhadjir Effendy.
Persiapan upacara peringatan HUT ke-77 RI di Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Sukoharjo -

HUT ke-77 RI kali ini terasa spesial bagi Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Untuk pertama kalinya Ponpes yang didirikan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir itu menggelar upacara bendera secara besar-besaran.

Direktur Ponpes Al-Mukmin, Ustaz Yahya, mengatakan upacara akan diikuti sekitar 800 orang dari santri maupun ustaz dan tamu undangan. Hadir sebagai inspektur upacara, Menko PMK Muhadjir Effendy.

"Ini persiapan kita hanya empat hari. Ada 600 santri yang besok mengikuti upacara, ditambah dari ustaz dan tamu undangan," kata Yahya usai geladi bersih, Selasa (16/8/2022).


Dia mengaku sebenarnya hanya ingin menggelar upacara secara sederhana. Namun atas kerja sama dengan Kodim 0726/Sukoharjo dan Polres Sukoharjo, maka upacara digelar meriah.

"Kami maunya sederhana tetapi beliau-beliau (Dandim dan Kapolres Sukoharjo) minta dibesarkan sekalian, biar dunia melihat bahwa kita ini bukan anti NKRI," kata dia.

Menurutnya, upacara bendera bukanlah sesuatu yang aneh bagi Ponpes Al-Mukmin. Yahya mengaku sudah mengikuti upacara sejak dirinya masih menjadi santri.

"Yang besar baru hari ini, tapi kita setiap saat mengadakan. Sejak saya santri ya mengadakan seperti itu," ujarnya.

Sementara itu, Humas Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Muchson, menjelaskan Ponpes Al-Mukmin setiap tahun turut mengikuti peringatan HUT RI. Namun tahun ini digelar secara besar-besaran.

"Setiap tahun kita kirim santri mengikuti upacara di tingkat desa hingga kabupaten. Di sini kita ada lomba, tausiyah kemerdekaan. Kalau upacara yang besar baru kali ini," ujarnya.



Simak Video "Momen Abu Bakar Ba'Asyir Ikut Upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/sip)