Perjuangan Firsty Siswi SMAN 2 Kudus Menjadi Pembawa Baki Merah Putih

Dian Utoro Aji - detikJateng
Rabu, 17 Agu 2022 17:10 WIB
I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi menjadi pembawa baki bendera Merah Putih saat upacara Kemerdekaan RI, saat ditemui di Pendapa Kudus, pada 6 Juni 2022.
I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi menjadi pembawa baki bendera Merah Putih saat upacara Kemerdekaan RI, saat ditemui di Pendapa Kudus, pada 6 Juni 2022. (Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng)
Kudus -

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi menjadi pembawa baki bendera Merah Putih saat upacara Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka. Firsty harus mengikuti seleksi ketat untuk akhirnya dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka 2022.

"Setelah dinyatakan lolos kabupaten dan mewakili di provinsi sudah seleksi ke nasional. Sudah menyatakan 'saya akan membawa nama baik SMAN 2 Kudus dan Jateng'. Jadi tekad ini saya sebagai orang tua justru khawatir," kata Kepala SMAN 2 Kudus Nur Afifuddin menirukan Firsty saat diwawancara di kantornya, Rabu (17/8/2022).

Nur mengatakan siswanya yang sekarang duduk di kelas XI MIPA itu harus berjuang keras bisa lolos menjadi Paskibraka 2022. Awalnya dia harus mengikuti seleksi tingkat kabupaten dan lolos ke tingkat Jawa Tengah.


"Di sana lima besar, kami di sekolah merasa benar apa tidak. Antara tidak atau iya. Sore justrunya di rumah kaget, dinyatakan untuk mewakili Jateng di tingkat nasional," terang Nur.

"Saya menjadi kepala sekolah seperti di awang-awang, justru beratnya di situ, beratnya bagi dia. Kami sebagai orang tua juga sama. Karena harus menjaga fisik, sehari, setiap sore tanpa ada jadwal sekolah tapi dari Paskibra dikawal terus setiap hari," imbuh Nur mengungkapkan.

Dia mengatakan Firsty mengikuti seleksi untuk masuk Paskibraka di tingkat nasional. Muridnya itu pun sempat melaporkan kepada dirinya jika akan berangkat ke Jakarta.

"Awal pertengahan Juli ini, dia bilang hari mau cek kesehatan terakhir Rabu, Kamis pagi berangkat ke Semarang, Jumat berangkat ke Cibubur. Belum clear, karena sebelum menerima kunci kamar belum dinyatakan lolos calon, dites kesehatan oleh tim pusat," jelasnya.

Cita-cita Firsty bikin dia grogi. Simak di halaman selanjutnya..