Senyum Jokowi dan Riuh Tepuk Tangan Saat Puan Bicara 'Kepak Sayap' Kesetaraan

Nasional

Senyum Jokowi dan Riuh Tepuk Tangan Saat Puan Bicara 'Kepak Sayap' Kesetaraan

Tim detikNews - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 15:00 WIB
Ketua DPR Puan Maharani
Puan Maharani di Sidang Tahunan 2022 (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Solo -

Saat berpidato di sidang tahunan 2022, Ketua DPR RI Puan Maharani menyinggung soal kesetaraan gender di Indonesia yang dia gambarkan seperti dua sayap burung yang sama kuat sehingga terbang tinggi. Perumpamaan itu mengingatkan pada tagline poster Puan berbunyi 'Kepak Sayap Kebhinekaan' sehingga mendapat sambutan khusus dari peserta sidang hingga Presiden Jokowi.

"Menyertakan perempuan dalam setiap jabatan bukan sebagai kebijakan afirmatif, akan tetapi merupakan kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia. Perempuan Indonesia telah banyak aktif dan mengambil peran yang strategis di segala bidang: ekonomi, sosial, politik, lingkungan hidup, olahraga, ilmu pengetahuan, riset, dan lain sebagainya. Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung," kata Puan dalam pidatonya di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Mendengar perumpamaan tentang dua sayap burung tersebut, hadirin langsung memberikan reaksi. Tepuk tangan membahana, termasuk dari dua menteri perempuan yakni Menkeu Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi. Sedangkan Presiden Jokowi nampak melempar senyum.


"Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayapnya sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya. Jika patah satu daripada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu, sama sekali," lanjut Puan yang lagi-lagi disambut riuh tepuk tangan.

Puan kemudian melanjutkan pidatonya terkait kesetaraan perempuan dengan laki-laki dalam hal harkat, martabat, dan kesejahteraan. Mendengar uraian tersebut, Jokowi bertepuk tangan diikuti hadirin lainnya.

"Inilah semangat yang juga harus kita tanamkan bersama dalam membangun kehidupan demokrasi di Indonesia, di mana perempuan dan laki-laki dalam harkat, martabat, kemajuan, dan kesejahteraan yang sama," ujar dia.

Ketua DPR RI Puan Maharani adalah politikus PDIP yang selama ini memasang ribuan poster dan baliho bergambar dirinya dengan narasi 'Kepak Sayap Kebhinnekaan'. Poster dan baliho tersebut tersebar di seantero Indonesia.



Simak Video "Puan Bicara 'Kepak Sayap' Kesetaraan Disambut Riuh Tepuk Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/apl)