Usai Berdoa di Puncak Sinai, FX Rudy Lanjut Doakan Ganjar-Mega ke Gua Maria

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Minggu, 14 Agu 2022 19:12 WIB
Fx Rudy di Gunung Sinai Mesir.
FX Rudy di Gunung Sinai Mesir. (Foto: dok. istimewa)
Solo -

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo telah kembali dari perjalanan religinya di sejumlah tempat yakni Mesir, Israel, Vatikan hingga Perancis. Setelah ini, pria yang akrab disapa Rudy itu akan berlanjut berziarah ke Gua Maria di 34 provinsi.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan tujuan dari rangkaian perjalanannya kemarin ialah ke Vatikan, Roma, Italia untuk beraudiensi dengan Paus Fransiskus. Selain itu, dia berkunjung ke gereja-gereja di berbagai negara.

"Intinya adalah audiensi. Pertama kita ke Gunung Sinai, baru Israel, Yerusalem, kemudian ke Roma, menginap semalam bertemu Paus. Paginya ke Lourdes 3 malam 4 hari, lalu ke beberapa gereja di Paris," kata Rudy di kediamannya, Pucangsawit, Jebres, Solo, Minggu (14/8/2022).


Rudy berangkat bersama 11 orang dari Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari permohonannya beraudiensi dengan Paus tiga bulan lalu.

"Rombongan ada 12 orang, ada Pak Jonan (mantan Menteri ESDM). Kita minta audiensi, 3 bulan lalu, kalau nggak ada undangan kita gak bisa ketemu Paus, nggak bisa cium tangan," ujarnya.

Rudy mengaku memohonkan doa untuk banyak hal, antara lain mendoakan bangsa Indonesia, PDI Perjuangan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Mendoakan untuk bangsa negara, terutama ketum saya agar diberi berkat sehat, keselamatan, kebahagiaan, umur panjang dan kebijaksanaan yang berpihak pada bangsa negara. Tentunya juga keluarga, masyarakat Solo, Pak Ganjar, terutama PDI Perjuangan supaya tetap solid, supaya menang Pemilu 2024," ungkapnya.

"Beliau (Paus) tidak banyak jawab, karena antre banyak, yang mendengarkan audiensi ribuan orang," imbuhnya.

Saat ini Rudy tengah bersiap untuk berkeliling ke Gua Maria yang berada di 34 provinsi di Indonesia. Tujuannya masih sama, yakni mendoakan negara secara umum dan khususnya untuk Megawati serta Ganjar.

"Rencana dalam waktu dekat, ini masih jetlag. Nanti satu provinsi satu Gua Maria, seperti ke Sendang Sono, Mojosongo, Sri Ningsih. Tujuannya sama untuk berdoa," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, melalui unggahan akun instagram @fx.rudyatmo, Rudy membawa sederet foto di puncak Sinai. Mantan Wali Kota Solo itu tampak khusyuk berdoa.

Yang menarik, ada doa khusus terselip dari Rudy untuk Ganjar Pranowo. Rudy mendoakan Ganjar agar mendapatkan rekomendasi dari Megawati.

"Ganjar Pranowo dapat Rekom dari Ibu Mega...," kata Rudy dalam pesan yang dikirimnya kepada sejumlah kontaknya, 29 Juli 2022 lalu.

Ditemui usai mengikuti Kirab Pusaka Dalem Malam 1 Suro Puro Mangkunegaran, Jumat (29/7). Ganjar merespons aksi Rudy tersebut. Awalnya dia mengaku tidak tahu unggahan Rudy tersebut.

"Aamiin, yo iyo mosok ra diamini (ya iya, masa nggak diamini), doa baik ya diamini," imbuh Ganjar saat ditanya wartawan apakah mengamini doa Rudy.



Simak Video "Tiba di Sekolah Partai PDIP, Megawati Akan Beri Arahan ke Kepala Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)