Nasional

Megawati Dukung Ratu Kalinyamat dan Dokter Pribadi Bung Karno Jadi Pahlawan

Tim detikNews - detikJateng
Kamis, 11 Agu 2022 16:05 WIB
Dr dr Soeharto diusulkan menjadi calon pahlawan nasional
Foto: Tangkapan layar Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasioanal dr Soeharto
Solo -

Megawati Soekarnoputri menyebut pejuang perempuan dari Jepara, Ratu Kalinyamat, layak diangkat menjadi pahlawan atas perjuangannya mengusir Portugis dari Nusantara. Mega juga mendukung upaya agar dokter Soeharto, diangkat sebagai pahlawan.

Pernyataan Megawati tersebut diungkapkan saat menjadi pembicara kunci 'Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara'. Acara tersebut diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut dan diadakan di geladak KRI Dewaruci, Jakarta.

"Saya setuju banget nama beliau dijadikan pahlawan. Ini kembali bukan karena saya subjektif sama perempuan. Nggak loh, saya kan pernah tahu sebagai presiden untuk menjadikan seorang pahlawan itu tidak gampang," kata Megawati seperti dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (11/8/2022).


Megawati mengisahkan beberapa cerita tentang Ratu Kalinyamat. Seorang pemimpin perempuan yang membangun kapal perang dan mengirimkannya ke Selat Malaka untuk menyerang Portugis pada tahun 1551. Sang Ratu juga mengirimkan bala bantuan kepada Sultan Johor di Malaka, Sultan Ternate, Sultan Hitu, dan puncaknya pada tahun 1574 ketika membantu Sultan Aceh untuk menghadapi Portugis.

Rainha de Japara, senhora poderosa e rica, de kranige Dame, demikian catatan Purtugis menyebut ketokohan Ratu Kalinyamat. Arti dari kalimat itu adalah 'Ratu Jepara seorang wanita yang kaya dan berkuasa, seorang perempuan pemberani'. Dia adalah seorang pemimpin perempuan dari dinasti Kesultanan Demak.

"Coba bayangkan, duh orang penjajah mengakui, kok kitanya sendiri ya ndak. Jadi saya setuju banget (mendukung Ratu Kalinyamat diangkat sebagai pahlawan)," kata Megawati.

"Ratu Kalinyamat, Laksamana Malahayati dan Ratu Shima hanyalah sedikit contoh, betapa Nusantara begitu kaya dengan tokoh-tokoh maritim, dan banyak di antaranya adalah tokoh perempuan," kata Megawati.

dr Soeharto, Dokter Pribadi Bung Karno

Selain itu, Megawati mengatakan dirinya juga menerima aspirasi dari warga bahwa agar dr Soeharto mendapat gelar pahlawan nasional. dr Soeharto adalah seorang dokter pejuang yang memiliki kedekatan khusus dengan Bung Karno dan Mohammad Hatta. Bahkan, sejak 1942, dokter yang berasal dari Klaten, Jateng tersebut resmi menjadi dokter pribadi kedua proklamator tersebut.

"Ada yang meminta untuk saya juga mengatakan, seperti dr Soeharto. Itu kan juga.... Jadi saya bilang pada, bukan Sekmil ya, jadi saya tanya, apa peraturan untuk kepahlawanan, kan itu tanda jasa dan pahlawan, jadi saya tanya apa masih tetap sama seperti waktu saya juga? Jadi menurut saya, saya secara pribadi saya menyetujui karena saya mengenal seperti dr Soeharto," kata Megawati.



Simak Video "Megawati Dukung Ratu Kalinyamat dan dr. Soeharto Jadi Pahlawan Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/sip)