6 Pernyataan Irjen Ferdy Sambo Saat Sosialisasi Perpol Kode Etik

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 11 Agu 2022 12:19 WIB
Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo
Irjen Ferdy Sambo. (Foto: dok Istimewa)
Solo -

Sekitar 1,5 bulan sebelum tersandung kasus pembunuhan Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo masih menyosialisasikan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Polri. Dalam video pendek yang di akun Instagram @propampolri, Ferdy Sambo tampak berbicara dengan nada tegas saat itu.

1. Tentang Video Irjen Ferdy Sambo

Video berdurasi 1 menit 40 detik itu menampilkan beberapa potongan pernyataan Irjen Ferdy Sambo saat menyosialisasikan Perpol No 7 Tahun 2022 di ruang rapat Div Propam Polri pada Kamis (22/6). Saat itu Irjen Fedry Sambo masih menjabat sebagai Kadiv Propam Polri.

Setelah kasus pembunuhan Brigadir Yoshua atau Brigadir J mencuat di media, postingan video yang diunggah pada Senin (27/6) itu ramai dikunjungi warganet. Hingga hari ini, Kamis (11/8), video tersebut telah diputar 25,7 ribu kali, menuai 173 komentar.


2. Keterangan dalam Postingan Video

Selain menayangkan sejumlah potongan pernyataan Irjen Ferdy Sambo, video pendek tersebut juga disertai keterangan tertulis. Dikutip dari akun Instagram @divpropampolri, berikut keterangan tertulisnya:

"Perpol No 7 tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi Polri & Komisi Kode Etik Polri telah berlaku."

#hargaidirimu
#hargaiinstitusimu
#tegakkankehormatanmu
#jagawibawamu
#polrikebanggaanku

Untuk diketahui, Perpol No 7 Tahun 2022 ditetapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta pada Selasa (14/6). Kemudian, Perpol itu diundangkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pada Rabu (15/6).

Dengan demikian, Perpol itu baru berumur 7 hari saat disosialisasikan dan dinyatakan mulai berlaku oleh Irjen Ferdy Sambo pada Kamis (22/6). Berselang 46 hari kemudian, Perpol baru itu diterapkan kepada Irjen Ferdy Sambo. Yakni, saat dia ditempatkan secara khusus di Mako Brimob pada Minggu (7/8), berkaitan dengan kasus kematian Brigadir J.

6 Pernyataan Irjen Ferdy Sambo dalam Video

Berikut pernyataan Irjen Ferdy Sambo dalam video pendek tentang sosialisasi Perpol No 7 Tahun 2022 tersebut.

1. "Lakukan sosialisasi kepada seluruh anggota biar dia tahu itu sudah ada perpol baru."

2. "Tekankan bahwa setelah saya sosialisasikan ini segera berlaku, kamu masih main-main dengan norma yang ada, kita akan tindak tegas."

3. "Pastikan seluruh anggota Polri masing-masing satker memahami peraturan yang ada, terutama perilaku yang dapat menurunkan marwah dan wibawa institusi."

4. "Lakukan tindakan tegas dan keras bagi anggota yang melanggar setelah disosialisasikannya Perpol 7/2022 ini."

5. "Yang tidak suka itu orang-orang yang mau melanggar. Kalau orang yang ingin memperbaiki institusi ini pasti tidak mau melanggar, itu aja kuncinya."

6. "Mulai semuanya, dari kebenaran materiil, fakta dan data yang ada, kedepankan obyektifitas, maka rekan-rekan semua akan menciptakan keadilan di mata hukum."



Simak Video "Seperti Apa Sosok Brigadir J Semasa Sekolah? Ini Kata Gurunya"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)