Pernak-pernik Kemerdekaan RI Semarakkan Pasar Rejowinangun Magelang

Eko Susanto - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 15:35 WIB
Suasana pemasangan pernak-pernik di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77.
Pernak-pernik di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Kota Magelang -

Semarak Kemerdekaan RI jelas terlihat di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang. Para pedagang menghias kios maupun los dengan pernak-pernik bertema HUT RI. Hal ini dilakukan para pedagang untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI serta guna menarik pengunjung pasar.

Pantauan detikJateng, aura semarak kemerdekaan sangat tampak ketika memasuki area pasar. Berbagai pernak-pernik tampak menghiasi setiap sudut pasar. Baik di kios maupun di los pasar.

Para pedagang berinisiatif untuk menyemarakkan HUT RI tahun ini. Bahkan, tidak hanya pernak-pernik saja, para pedagang juga menempatkan patung atau ikon dengan berupa ayam jago, kambing, dan juga sapi.


Di sudut lainnya juga tampak foto Presiden ke-1 RI Ir Sukarno. Pemasangan pernak-pernik untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tersebut dilakukan masing-masing pedagang. Mereka begitu antusias dalam menghias. Pernak-pernik tersebut dibeli secara patungan maupun menggunakan uang kas.

Salah satu pedagang tahu, Sri Tumini Maryati (65), mengatakan pemasangan pernak-pernik ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan.

"Ini pakai uang kas. (Uang) Kas kagem ngeten niki (buat seperti ini). Dipasang sejak empat hari lalu," kata Sri kepada wartawan di los pedagang tahu Pasar Rejowinangun, Kota Magelang, Rabu (10/8/2022).

Ia menambahkan, foto yang dipasang persis di depan losnya berupa foto Presiden Sukarno. Saat Sukarno menjadi presiden, dirinya masih kecil. Sri pun punya harapan dengan HUT Kemerdekaan RI ini.

Suasana pemasangan pernak-pernik di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77.Suasana pemasangan pernak-pernik di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Foto: Eko Susanto/detikJateng

"Biar merdeka terus, biar negaranya tentram, ayem, makmur. Biar harga-harga nggak naik tetap stabil," ujarnya.

Hal senada disampaikan pedagang lainnya, Ike Fitri (29). Pemasangan pernak-pernik tersebut untuk memperingati 17 Agustus.

"Masang hiasan dari plastik, digunting-gunting pokoke biar jadi meriah. Tanggal 1 Agustus sudah persiapan, masange (memasang) dari tanggal 7. (Di sini) Ya beda, lebih ramai di pasar soale lebih banyak juga kayak saudara-saudara sudah jadi satu. Teman-teman banyak," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Keamanan Pasar Rejowinangun, Bripka Matronny, berharap adanya pernak-pernik bisa menambah antusias warga berkunjung menuju Pasar Rejowinangun.

"Antusias pedagang seperti ini. Terus yang berikutnya untuk mengangkat perekonomian yang sempat menurun kemarin selama dua tahun, selama pandemi ini agar antusias masyarakat yang akan hadir di Pasar Rejowinangun lebih lagi," tutur Ronny, sapaannya.

Untuk ikon-ikon yang ada, kata Ronny, masing-masing blok membuat ikon tersendiri. Contohnya di blok daging ada yang membuat patung sapi, kambing, dan ayam.

"Untuk ikon memang masing-masing blok membikin. Contohnya di daging sapi bikin patung sapi, los daging kambing bikin patung kambing, di los daging ayam juga seperti itu bikin patung setinggi itu, patung ayam. Mungkin di blok-blok lain juga seperti itu sama," ujar Ronny.

Pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang, kata dia, nantinya seluruh pedagang akan melangsungkan upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

"(Kaus) Dipakai semua bisa terjadi nuansa Merah Putih. Iya upacara, termasuk gunungan dan kesenian yang diadakan oleh seluruh pedagang Pasar Rejowinangun," pungkasnya.



Simak Video "Euforia Pedagang Pasar Rejowinangun Magelang Sambut HUT ke-77 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/rih)