Internasional

Badai Pasir Terjang Bandara Saudi! Pemulangan Jemaah Haji Terganggu

Tim detikTravel - detikJateng
Senin, 08 Agu 2022 10:24 WIB
Madinah dilanda badai pasir
Badai pasir di Bandara Madinah. (Foto: Antara)
Solo -

Proses tahapan pemulangan jemaah haji Indonesia sempat dihentikan! Peristiwa itu merupakan dampak badai pasir yang menerjang Bandara Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, Arab Saudi.

Badai pasir tersebut menerjang bandara Madinah pada Minggu (7/8/2022). Akibatnya jemaah haji Kloter JKS-36 dan Kloter SUB-32 harus mendapat penanganan khusus, karena terdampak langsung.

PPIH menyebut jemaah merasakan badai pasir ketika sedang dalam perjalanan menuju Bandara Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.


"Semoga lebih baik cuacanya, tadi di jalan cuaca gelap, tapi ini sebentar saja sudah selesai," kata Kepala Daerah Kerja Bandara PPIH, Haryanto, seperti dilansir detikTravel mengutip Antara, Senin (8/8/2022).

"Untuk (Kloter) JKS-36 yang menuju bandara dari hotel Madinah, seluruhnya berhenti," lanjutnya.

Jemaah haji terdampak langsung lainnya adalah Kloter SUB-32. Penurunan jemaah kloter SUB-32 Surabaya dari bus menuju plaza terminal haji sempat tertahan. Beberapa jemaah diamankan ke plaza, sebagian lainnya tetap di dalam bus demi keamanan.

"SUB-32 aman, sudah masuk ke Paviliun 5," kata petugas Perlindungan Jemaah (Linjam), Hanif Farizi.

Namun demikian, PPIH memastikan bahwa seluruh jemaah dan petugas aman.

Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan PPIH, Edayanti Dasril, mengimbau para petugas untuk mengamankan diri dan jemaah jika badai pasir menerjang.



Simak Video "Suasana di Padang Arafah Jelang Wukuf, Mulai Dipadati Jemaah"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/sip)