Pasien Suspek Cacar Monyet Jateng Warga Pati, Begini Kronologinya

Dian Utoro Aji - detikJateng
Kamis, 04 Agu 2022 20:00 WIB
Cacar Monyet
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Md Saiful Islam Khan)
Pati -

Seorang warga Jawa Tengah yang dikabarkan suspek pasien cacar monyet ternyata warga Kabupaten Pati. Begini kronologi temuan suspek ini.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Menkes mengungkapkan temuan suspek pasien cacar monyet di Jawa Tengah tengah menjalani isolasi dan pemeriksaan lebih lanjut di RSUP Dr Kariadi, Semarang.

"Memang itu ada satu suspek di Kabupaten Pati, Jateng. Dia tanggal 19 Juli ada gejala demam, 21 Juli kemudian dibawa ke rumah sakit, 23 Juli timbul bintik-bintiknya," ujar Menkes Budi seperti dikutip dari detikHealth, Kamis (4/8/2022).


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pati, Aviani Tritanti, membenarkan ada warga Pati yang suspek gejala cacar monyet. Menurutnya pasien tersebut belum pasti terkena cacar monyet karena hasil swab masih belum keluar.

"Jadi di Pati ada suspek, namanya suspek kita curiga, belum tentu itu kasus cacar monyet, karena gejala yang diderita hampir mirip. Jadi dokter yang menanganinya mencurigai setelah konsultasi ke guru besarnya dibuat suspek," jelasnya kepada detikJateng, hari ini.

Berikut kronologi temuan warga Pati suspek cacar monyet:

29 Juli 2022

Aviani mengatakan bersangkutan masuk ke rumah sakit pada 29 Juli 2022. Menurutnya bersangkutan memiliki gejala demam, diare dan ada cairan di kulit seperti cacar.

"Sebelumnya di rumah itu, kemudian sakit kepala diare, sariawan, ada cairan di kulit, kayak cacar," terang Aviani.

Disebutkan yang bersangkutan bekerja sebagai sopir dan sebelum bergejala sempat ke luar kota. Dinkes Pati pun telah melakukan tracing kepada keluarga yang diduga suspek tersebut.

"Karena kebetulan pasien kita ini, profesinya driver. Dia pernah ke luar kota. Kita sudah lacak semuanya, keluarganya. Kita harapkan keluarganya tidak ke mana-mana," jelasnya.

1 Agustus 2022

Aviani mengatakan pasien suspek tersebut masih dirawat di salah satu rumah sakit di Pati. Kondisinya sedang pemulihan. Namun belum diperbolehkan pulang, karena hasil tes yang dikirim ke Yogyakarta belum ada hasilnya.

"Namun kondisi pasien di salah satu rumah sakit. Dengan ini dalam kondisi pemulihan, dan belum diperbolehkan pulang ke rumah. Masih menunggu hasil uji laboratorium di Yogyakarta. Dikirim awal Agustus 2022," terang dia.

"Sampai hari ini belum tahu hasilnya," sambung dia.

4 Agustus 2022

Terpisah, Bupati Pati Haryanto mengatakan warga yang suspek cacar monyet hasil laboratoriumnya negatif.

"Itu hasil lab-nya negatif," terang singkat Haryanto, siang ini.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan satu warganya yang terindikasi terpapar penyakit cacar monyet sudah menjalani tes PCR. Hasilnya negatif.

"Kemarin terindikasi satu (bergejala cacar monyet), tadi hasil PCR-nya negatif," kata Ganjar Pranowo di Boyolali, siang tadi.



Simak Video "Beda Ruang Isolasi Pasien Cacar Monyet dan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/rih)