Satu Warga Jateng Bergejala Cacar Monyet, Ganjar: Hasil PCR Negatif

Jarmaji - detikJateng
Kamis, 04 Agu 2022 15:30 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menghadiri acara Ruwat-Rawat Patirtan di Sendang Pitu, Desa Cabean Kunti, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Kamis (4/8/2022).
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menghadiri acara Ruwat-Rawat Patirtan di Sendang Pitu, Desa Cabean Kunti, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Kamis (4/8/2022). (Foto: Jarmaji/detikJateng).
Boyolali -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyatakan satu warga Jawa Tengah yang terindikasi terpapar penyakit cacar monyet atau monkey pox sudah menjalani tes PCR. Hasilnya negatif.

"Kemarin terindikasi satu (bergejala cacar monyet), tadi hasil PCR-nya negatif," kata Ganjar Pranowo, diwawancarai disela-sela menghadiri acara Rawat Ruwat Patirtan di Sendang Pitu, Desa Cabean Kunti, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Kamis (4/8/2022).

Mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut, Ganjar meminta masyarakat untuk segera memeriksakan kesehatannya jika mengalami gejala atau tidak enak badan. Dengan begitu kondisi kesehatannya akan segera terdeteksi, apakah cacar monyet atau bukan.


"Ya semuanya sekarang kalau ada gejala segera periksa. Itu yang paling penting," imbau dia.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk menyiapkan antisipasi-antisipasinya. Sehingga cacar monyet tidak masuk ke Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya.

Ganjar berharap pintu-pintu masuk Indonesia harus ketat pemeriksaannya, hal ini karena monkey pox ini berasal dari luar negeri. Orang-orang dari luar negeri diperiksa kondisi kesehatannya, sehingga indikasi awalnya bisa dideteksi.

"Saya berharap semua, karena ini (cacar monyet) tidak dari Indonesia ya, pintu-pintu masuk Indonesia tetap harus ketat. Kita belum, kita minta nanti Kementerian Kesehatan memberikan briefing kepada siapapun yang menjaga pintu-pintu untuk bisa melakukan pengecekan menggunakan peralatan. Sehingga indikasi awalnya bisa diketahui," lanjut Ganjar.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang warga di Jawa Tengah saat ini sedang dalam pemantauan lantaran bergejala cacar monyet atau monkey pox. Saat ini warga tersebut juga sedang menjalani pemeriksaan untuk memastikan penyakit yang dialami.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membenarkan hal itu. Meski demikian belum disebutkan terkait informasi identitas, usia pasien dan lokasi perawatannya.

"Kita masih pantau sampai hari ini. Ada yang bercirikan seperti itu (cacar monyet) tapi sekarang masih didalami. Kita belum berani menentukan monkey pox atau bukan, tapi lagi pantau," kata Ganjar di kantornya, Rabu (3/8).



Simak Video "HUT RI, Ganjar Bentangkan Merah Putih Sepanjang 22 Meter Bareng Buruh"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/mbr)