Ganjar Akan Bangun Asrama Haji di Pantura: Kemungkinan Kuota Meningkat

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Senin, 01 Agu 2022 16:00 WIB
Ganjar Pranowo di Balai Kota Solo, Senin (1/8/2022).
Ganjar Pranowo di Balai Kota Solo, Senin (1/8/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Solo -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut kuota haji diproyeksikan bakal bertambah. Ganjar pun berencana membangun asrama haji baru di kawasan pantai utara (pantura) Jateng.

Kabar tersebut dia sampaikan usai menggelar rapat bersama Komisi VIII DPR di Balai Kota Solo hari ini. Menurutnya lokasi yang paling cocok ialah di wilayah Semarang Raya.

"Kemungkinan kuota akan meningkat, maka beberapa tempat menjadi pertimbangan untuk membuat asrama haji baru," kata Ganjar usai mengikuti rapat di Balai Kota Solo, Senin (1/8/2022).


"Rasa-rasanya perlu dibuat satu lagi di wilayah pantura. Sebenarnya yang paling bagus itu di sekitar Semarang Raya, apakah nanti di Semarang, Demak atau Kendal, sekarang kita coba carikan," ujar dia.

Selain itu, rapat juga membahas terkait peningkatan pelayanan untuk jemaah calon haji. Menurutnya calon haji membutuhkan informasi lebih detail mengenai hal-hal yang dirasa sepele.

"Banyak sekali masukan simulasi untuk mereka bisa memberikan fasilitas yang baik, bagaimana naik pesawat itu penting, bagaimana membuka kunci hotel, itu penting. Bahkan bagaimana keran panas hotel, itu ternyata sepele tapi penting disimulasikan. Tidak semua orang tahu," ujar dia.

Untuk diketahui, saat ini Pemprov Jateng sudah memiliki satu asrama haji di Donohudan, Boyolali. Asrama haji ini tak hanya digunakan untuk warga Jawa Tengah, namun juga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).



Simak Video "Momen Ganjar Pranowo Ikut Flashmob di CFD Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)